Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Habiskan Rp 25 Miliar, Taman Terpanjang di Bandung Ini Dikerjakan Dua Tahap

Kompas.com - 07/02/2018, 20:07 WIB
Dendi Ramdhani,
Erwin Hutapea

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Bandung secara resmi memperkenalkan Taman Cikapundung Regol. Total dana yang terserap mencapai Rp 25 miliar untuk membangun taman sepanjang 600 meter dengan luas lahan dua hektar itu.

"Total anggarannya Rp 20,943 miliar dari APBD, yang Rp 5 miliar dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum," ucap Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung, Arief Prasetya, Rabu (7/2/2018).

Proyek Taman Cikapundung Regol itu menjadi yang terpanjang di Bandung. Pengerjaannya dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama sepanjang 600 meter telah rampung dikerjakan. Sisanya dijadwalkan dikerjakan pada pertengahan tahun ini.

"Yang 400 meter itu belum selesai, masuk tahap kedua," lanjut Arief.

Baca juga: Taman Terpanjang di Bandung Diresmikan, Panjangnya 1 Km

Arief menjelaskan, saat ini masih ada sisa pengerjaan yang belum terselesaikan, yakni pemasangan pagar pembatas sungai. Setelah selesai, lanjut Arief, pengelolaan akan diserahkan kepada warga di wilayah setempat.

"Iya, nanti kami pasang untuk pengamanan. Jadi pengelolaan pada warga (organisasi masyarakat) Pamacan. Pengamanan, lalu kebersihan yang diserahkan," jelasnya.

Kepala Bidang Pemeliharaan Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung Tedi Setiadi menuturkan, taman tersebut memiliki ragam fasilitas, di antaranya lima kolam dangkal untuk rekreasi anak, dua toilet, 1.500 meter area duduk pengunjung, dan 47 bola batu pengaman.

"Di sana juga ada lampu taman lebih dari 100 sehingga bisa dikunjungi malam hari," ujar Tedi.

Baca juga: Resmikan Warisan Taman Terakhir, Ridwan Kamil Pamit Jelang Cuti Kampanye

Kompas TV Festival Lampion Tiongkok Menerangi Taman Hamburg

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com