Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Boks Tabrak Motor di Gunungkidul, Seorang Pelajar SMP Tewas

Kompas.com - 28/01/2018, 15:59 WIB
Markus Yuwono

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan maut terjadi di Jalan Yogyakarta-Wonosari, tepatnya di Desa Bandung, Playen, Gunungkidul, Yogyakarta, antara mobil boks dan sepeda motor.

Kecelakaan ini merenggut nyawa pelajar SMP, Riko Yola Samuhdiansyah (15), warga Kecamatan Patuk, Minggu (28/1/2018) siang.

Kasatlantas Polres Gunungkidul AKP Mega Tetuko, menyampaikan, kecelakaan ini bermula dari mobil boks yang dikemudikan Bayu Wijanarko (21), warga Desa Somo Puro, Jogonalan, Klaten, Jawa tengah, melaju dari arah Yogyakarta menuju Wonosari.

Sesampainya di jalan lurus, mobil tersebut mendahului kendaraan yang belum diketahui identitasnya.

Saat bersamaan dari arah timur sepeda motor Supra yang dikendarai Riko Yola Samuhdiansyah.

"Jarak terlalu dekat antara kedua kendaraan sehingga tabrakan tidak terhindarkan," katanya, Minggu.

Baca juga : Grand Livina Penyok Terjepit 2 Truk dalam Tabrakan Beruntun, Sopir Selamat)

Mega mengatakan, akibat kecelakaan tersebut, pengendara motor tewas di lokasi kejadian dengan luka yang parah, sedangkan pengemudi mobil tidak mengalami luka.

Riko tewas setelah mengalami luka pada bagian paha kaki kanan dan patah. Korban itu juga mengalami parah tulang leher serta pendarahan di bagian mulut, hidung dan telinga.

"Korban meninggal di lokasi kejadian lantaran luka-lukanya tersebut," imbuhnya.

Kasus kecelakaan ini masih terus didalami oleh aparat kepolisian dari Unit Laka Lantas Polres Gunungkidul. Polisi menyelidiki apakah ada unsur kelalaian yang memicu terjadinya kecelakaan itu. Kedua kendaraan dan sopir diamankan di Mapolres Gunungkidul.

"Kami mengimbau kepada pengendara untuk berhati-hati dan mematuhi rambu yang ada. Karena kecelakaan berawal dari pelanggaran," ucapnya.

(Baca juga: Baca juga : Besok Anak Sekolah, tetapi Seragamnya Habis Kebakar Semua)

Sementara itu, di Kabupaten Bantul, Kecelakaan tunggal merenggut nyawa terjadi di Jalan Sultan Agung, tepatnya di barat simpang empat Bakulan. Minggu (28/1/2018) pagi. Korban atas nama Suryati (67), warga Galur, Kulonprogo, yang ditemukan masuk parit.

Kapolsek Jetis, AKP S Parmin, mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan masuk mengenai korban kecelakaan ditemukan di parit sekitar 05.30 WIB. Jajaran Polsek Jetis dan unit laka lantas Polres Bantul langsung mendatangi lokasi, dan melakukan olah TKP.

"Dugaan awal korban hasil seperti ini (laka tunggal)," katanya saat dihubungi

Mendengar dari saksi dan data awal, kecelakaan diketahui bermula saat korban mengendarai Yamaha Mio nopol AB 6865 U melaju dari arah timur dengan kecepatan tinggi. Diduga dari arah berlawanan muncul kendaraan lain.

"Dugaan, motor minggir di luar badan jalan terus oleng dengan kecepatan tinggi. Korban langsung (masuk) ke parit," ucapnya.

Korban langsung dievakuasi ke rumah sakit dan sepeda motor diamankan di Mapolres Bantul.

 

 

Kompas TV Diduga kecelakaan terjadi karena rem truk mengalami kerusakan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com