Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU Jateng Bidik Pemilih Pemula di Pilkada Serentak 2018

Kompas.com - 26/01/2018, 16:10 WIB
Labib Zamani

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah membidik pemilih pemula agar menggunakan hak suaranya pada Pilkada Serentak 2018. Pasalnya, pemilih pemula di Jateng mencapai 60-70 persen dari 27 juta total penduduk Jateng.

"Data penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) pemilih pemula di Jateng, laki-laki 743.192 orang dan perempuan 708.076 orang. Total jumlah pemilih pemula di Jateng 1.451.268 orang," kata Ketua Divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Jateng, Diana Arianti di Solo, Jumat (26/1/2018).

Diana mengatakan, untuk meningkatkan jumlah pemilih pemula Pilkada Serentak 2018, KPU Jateng menyelenggarakan program KPU "Goes to Campus". Program ini bertujuan untuk menjaring pemilih pemula agar menggunakan hak pilihnya di Pilkada Serentak 2018.

"Kami punya program KPU Goes to Campus untuk meningkatkan pemilih pemula supaya menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada Jateng," tutur dia.

(Baca juga : Hati-hati, PNS Bisa Dipecat jika Unggah Gambar Calon Kepala Daerah )

Ketua KPU Surakarta, Agus Sulistyo mengatakan, akan menyasar pemilih pemula di Pilkada Serentak 2018. Guna menarik pemilih pemula untuk ikut serta menggunakan hak pilihnya, KPU Surakarta telah menjalin kerja sama dengan Pemkot Surakarta.

"Kerja sama ini berupa pendidikan pemilih berkelanjutan. Jadi, nanti akan kami giatkan terkait pendidikan pemilih berkelanjutan ini supaya pada pelaksanaan Pilkada Jateng pemilih pemula dapat menggunakan haknya," ujar Agus.

Agus menambahkan, KPU Surakarta telah menyiapkan 1.025 tempat pemungutan suara (TPS) dan lebih dari 10.000 petugas Pilkada Serentak yang akan dilaksanakan 27 Juni 2018.

Kompas TV KPU menganggap tidak wajar jika calon kepala daerah hartanya terlalu sedikit. Pasalnya, modal kampanye juga bersumber dari pribadi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com