Pasar Murah Buah Naga, Warga Rela Antre dan Berdesakan - Kompas.com

Pasar Murah Buah Naga, Warga Rela Antre dan Berdesakan

Kontributor Solo, Labib Zamani
Kompas.com - 12/01/2018, 12:47 WIB
Warga berebut buah naga dengan harga murah di depan Pasar Gede Solo, Jawa Tengah, Jumat (12/1/2018). KOMPAS.com/Labib Zamani Warga berebut buah naga dengan harga murah di depan Pasar Gede Solo, Jawa Tengah, Jumat (12/1/2018).

SOLO, KOMPAS.com - Pasar murah buah naga bertajuk "Gelar Buah Naga Murah" di Pasar Gede Hardjonagoro atau lebih dikenal Pasar Gede di Solo, Jawa Tengah, diserbu warga, Jumat (12/1/2018).

Pasar murah buah naga digelar untuk memeringati hari ulang tahun (HUT) ke-88 tahun Pasar Gede itu dijual dengan harga Rp 5.000 per kilogram.

Dari pengamantan Kompas.com, pasar murah buah naga diselenggarakan Komunitas Paguyuban Pasar Gede (Komppag) itu mulai dibuka pukul 08.00 WIB.

Namun satu jam sebelum dibuka warga telah menunggu di depan Pasar Gede. Mereka tak ingin kehabisan persediaan buah naga itu. Mereka ada yang membeli mulai dari satu kilogram hingga 10 kilogram.

Untuk dapat memilih buah naga yang bagus mereka harus berdesakan dengan warga lain. Ada 10 ton buah naga kualitas super yang disediakan panitia dalam pasar murah buah naga. Buah naga itu didatangkan dari Banyuwangi dan Jember.

(Baca juga : Bikin Heboh, PKPI Tiba-tiba Alihkan Dukungan dari JR Saragih ke Djarot)

Seorang warga asal Solo Baru, Sukoharjo, Endang, mengaku, membeli buah naga sebanyak 10 kilogram. Dia menceritakan, untuk mendapatkan buah naga tersebut dirinya harus berdesakan dengan warga lain yang juga membeli buah naga.

"Ya, tadi saya berdesakan sama warga lain karena yang ingin membeli buah naga banyak sekali. Mungkin karena harganya murah jadi mereka memanfaatkan kesempatan itu," beber Endang.

Rencananya buah naga sebanyak 10 kilogram itu akan dibagikan Endang kepada sanak saudaranya di rumah. Menurut dia, untuk harga normal buah naga tersebut harganya Rp 10.000- 12.000 per kilogram.

(Baca juga : Jadi Presiden Pilih Nelayan Atau Pecat Menteri Susi)

Lain halnya dengan Ibu Edi. Warga asal Mojosongo, Solo, itu tidak tahu kalau ada buah naga yang dijual dengan murah di Pasar Gede. Dia membeli buah naga karena kebetulan melintas di depan Pasar Gede. Melihat banyak warga berkerumun, dia pun berhenti mendekati keramaian itu.

"Kebetulan saja tadi pas lewat depan Pasar Gede kok ada ramai-ramai terus berhenti. Saya dekati banyak buah naga dijual Rp 5.000 per kilogram," ungkap dia.

Sementara itu, Koordinator Komppag Solo, Wiharto menjelaskan, HUT ke-88 Pasar Gede mengambil tema "Kembul Agung Windu Welasan" yang memiliki arti menikmati kemurahan hati Sang Pencipta secara bersama (kembulan). Menjauhkan diri dari keserakahan serta toleransi dalam hubungan sosial bermasyarakat.

"Makanya di usianya yang 88 tahun kita bersama pedagang pasar mengadakan pasar murah buah naga. Ke depan akan kita tingkatkan lagi," kata dia.

 

 

Kompas TV Penjualan bandeng murah diadakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Sidoarjo.

PenulisKontributor Solo, Labib Zamani
EditorCaroline Damanik
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM