Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerindra Merapat ke Gus Ipul, Poros Tengah Pilkada Jatim Bubar

Kompas.com - 10/01/2018, 09:33 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Partai Gerindra memastikan dukungan untuk Saifullah Yusuf atau Gus Ipul pada Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur 2018.

Dukungan tersebut akan ditunjukkan pengurus partai dengan ikut mengantar Gus Ipul mendaftar di kantor Komisi Pemilihan Umum Jatim, Rabu (10/1/2018) sekitar pukul 19.00 WIB.

"Kami nanti ikut mengantar dan mendaftar malam hari. Kami mendukung Gus Ipul," kata Ketua DPD Partai Gerindra Jatim Soepriyatno, Rabu (10/1/2018) pagi.

Penegasan Soepriyatno itu sekaligus memastikan bahwa koalisi poros tengah yang berisi Partai Gerindra, PAN, dan PKS di Pilkada Jatim benar-benar bubar.

PKS telah lebih dulu bergeser mendukung Gus Ipul. Adapun PAN memilih mendukung pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistyanto Dardak, yang akan mendaftar ke KPU pada Rabu siang.

Dengan demikian, seluruh partai di Jatim mengerucutkan dukungan pada dua calon gubernur di Pilkada Jatim 2018.

Gus Ipul didukung PKB (20 kursi), PDI-P (19 kursi), PKS (6 kursi), dan Gerindra (13 kursi) dengan total kekuatan kursi parlemen 58 kursi.

Adapun Khofifah disokong Partai Demokrat (13 kursi), Golkar (11 kursi), Nasdem (4 kursi), PPP (5 kursi), Hanura (2 kursi), dan PAN (7 kursi) dengan total kekuatan kursi parlemen 42 kursi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com