Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilkada Garut, Dua Paslon Perseorangan Ikut Mendaftar ke KPU

Kompas.com - 10/01/2018, 18:00 WIB
Ari Maulana Karang

Penulis


GARUT, KOMPAS.com - Dua pasangan calon bupati dan wakil bupati dari jalur perseorangan mendaftarkan diri dalam Pilkada Garut. Kedua pasangan tersebut secara resmi telah memasukkan berkas pendaftaran dan diterima oleh KPU untuk kemudian diverifikasi.

"Sampai hari terakhir ini, ada dua pasangan calon perseorangan. Berkas pendaftaran telah diterima dan selanjutnya akan diverifikasi berkas dukungan yang telah didaftarkan," jelas Ketua KPU Garut Hilwan Fanaqi seusai menerima pendaftaran bakal calon perseorangan pasangan Suryana-Wiwin, Rabu (10/1/2018) sore.

Menurut Hilwan, sampai Rabu (10/1/2018) sore, sudah ada lima pasangan calon yang mendaftar di KPU Garut. Dari jumlah tersebut, berkas satu pasangan dikembalikan karena kurang lengkap, sedangkan berkas pendaftaran empat pasangan lainnya diterima oleh KPU untuk diverifikasi.

Dua pasangan calon perseorangan yang telah mendaftar, menurut Hilwan, akan mengikuti tahapan pendaftaran, mulai dari pemeriksaan kesehatan hingga ditetapkan menjadi calon jika lolos tahapan verifikasi.

"Untuk berkas dukungan masih bisa dilengkapi mulai tanggal 18 hingga 20 Januari dengan ketentuan dua kali lipat dari kekurangan saat ini," katanya.

Baca juga: Bermasalah, Berkas Pencalonan Agus-Adit di Pilkada Garut Dikembalikan

Suryana, calon bupati perseorangan yang mendaftar pada hari terakhir, mengaku, berkas dukungan yang diberikan ke KPU masih kurang sekitar 45.000. Namun, Suryana mengaku yakin kekurangan tersebut bisa dipenuhi hingga tanggal 20 Januari nanti.

"Kurangnya tidak sampai 50.000, tanggal 20 akan kami lengkapi," ujarnya.

Suryana mengaku bersyukur karena saat ini ekspektasi masyarakat Garut terhadap calon perseorangan makin baik. Sebab, dukungan kepada dirinya saat ini terus mengalir dari masyarakat dengan memberikan KTP tanda dukungan.

"Sampai hari ini kita sudah menerima 120.000 dukungan dari masyarakat, di luar dukungan yang kami serahkan saat ini ke KPU," jelas Suryana.

Suryana pernah sukses mengantarkan pasangan Aceng HM Fikri-Dicky Chandra menjadi Bupati dan Wakil Bupati Garut dari jalur perseorangan pada pilkada lalu. Saat itu, Suryana menjadi ketua tim pemenangan Aceng-Dicky. (*)

Kompas TV Ada kekhawatiran angka golput tinggi karena calon tidak populer.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com