Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Ganjar Naik Andong Saat Daftar ke KPU Jateng

Kompas.com - 09/01/2018, 21:50 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis


SEMARANG, KOMPAS.com - Pasangan calon Ganjar Pranowo dan Taj Yasin resmi mendaftar sebagai calon gubernur dan calon wakil gubenrur di Pilkada Jawa Tengah, Selasa (9/1/2018).

Proses pendaftaran dilakukan dengan cara tak biasa. Bersama tim dan relawan, paslon yang diusung PDIP, Nasdem, PPP dan Demokrat ini memilih naik andong, kemudian berjalan kaki sampai ke kantor KPU.

Apa maknanya?

"Saya hanya kangen naik andong. Ini juga memberi kesempatan kelompok masyarakat untuk berjuang bersama," kata Gubernur Jawa Tengah itu, seusai pendaftaran.

Menurut dia, dengan cara itu pihaknya dapat berbaur dengan tim dan para relawan yang hadir untuk mendukung. Relawan sendiri berisi dari kelompok agama, kesenian, petani, hingga mahasiswa.

"Itu hanya sebagian. Kalau tidak ditahan mau datang semua," katanya.

Ganjar-Yasin akhirnya mendaftar di KPU sekitar pukul 15.20 WIB. Pukul 14.15 WIB, proses pendaftaran selesai dan dinyatakan lengkap.

Tak hanya simpatisan, Ganjar-Yasin juga diantarkan langsung oleh para bupati dan wali kota, serta kepala pimpinan partai koalisi. Masing-masing pimpinan partai bahkan berjanji untuk memenangkan pasangan itu.

Ketua DPD Demokrat Jateng Rinto Basuki mengatakan, majelis tinggi Demokrat telah sepakat mengusung Ganjar dan Gus Yasin. Menurut dia, sudah menjadi kewajiban partainya mengamankan perintah partai.

"Elemen Demokrat harga mati memenangkan pasangan ini. Mohon doanya agar terpilih," kata dia.

Ketua DPW Nasdem Jateng Setyo Maharso juga sama. Pihaknya siap memenangkan pasangan ini di Pilkada yang berlangsung.

"Moga ini pasangan terbaik di Jateng. Saya yakin kader dan simpatisan bekerja all out untuk Ganjar Gus Yasin," ucapnya.

Ketua DPW PPP Jateng Masruhan Syamsuri juga sama. Sebagai partai lama, PPP ingin memberi pendidikan politik ke masyarakat dengan kesantunan. Oleh karenanya, ia siap mengamankan kampanye beradab dan bermartabat.

"Kami dipesank forum kiai memberi restu rekomendasi mengusung Ganjar dan Taj Yasin berusaha sampai memberi kemenangan," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com