Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar Pranowo Maju di Pilkada Jateng, Petani Durian Gelar "Pamongan"

Kompas.com - 09/01/2018, 12:36 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Gerimis yang mengguyur tak meredupkan suka cita para petani durian Desa Kembaran, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, untuk menggelar "Pamongan".

Tradisi ini digelar sebagai ungkapan syukur para petani durian atas kepastian majunya kembali Ganjar Pranowo dalam Pilkada Jawa Tengah 2018.

Prosesi Pamongan cukup sederhana, diawali dengan doa bersama yang dipimpin tokoh masyarakat setempat.

Usai berdoa, prosesi dilanjutkan makan bersama dengan menu berupa nasi campur urap sayur lengkap dengan lauk-pauknya serta beberapa buah durian.

Baca juga : Bantah PKB, Demokrat Setia Usung Ganjar Pranowo di Pilkada Jateng

Pedagang, juru parkir, tukang ojek, pun turut serta dalam tradisi ini.

"Pamongan adalah tradisi masyarakat desa sebagai simbol rasa syukur. Di sini kami berbahagia, bersyukur atas jatuhnya rekomendasi DPP PDIP kepada Ganjar Pranowo dan Gus Yasin dalam Pilkada Jateng 2018," kata Puguh Djaka Sulistya, Ketua Asosiasi Masyarakat Petani dan Pedagang Durian Candimulyo, Senin (8/1/2018) sore.

Menurut Puguh, masyarakat petani dan pedagang di wilayahnya sudah merasakan kemudahan selama Ganjar Pranowo menjadi gubernur Jawa Tengah.

Mereka mendapat beragam bantuan hingga pelayanan yang sangat prima, baik yang diperoleh langsung maupun secara tidak langsung.

"Kami sudah lama menikmati bantuan baik secara maupun tidak langsung selama kepemimpinan Mas Ganjar. Misalnya, tahun 2016, kami mendapat bantuan pengadaan 9.000 bibit pohon durian lewat Bank Jateng. Dinas Pertanian Provinsi Jateng maupun Kabupaten Magelang juga men-support kami luar biasa," urai Puguh.

Karena itu, lanjut Puguh, mereka sepenuhnya mendukung dan berusaha memenangkan pasangan calon gubernur Ganjar Pranowo dan Taj Yasin dalam Pilkada Jawa Tengah.

Baca juga : Besok, Ganjar Pranowo-Taj Yasin Daftar Pilkada Jateng

Seperti diketahui, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri telah mengumumkan gubernur petahana Ganjar Pranowo dan Taj Yasin (putra KH Maimoen Zubair) maju dalam Pilkada Jawa Tengah 2018.

Pasangan ini juga diusung Partai Demokrat, PPP, Golkar, dan Nasdem.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com