Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendukung Minta Risma Tidak Maju Jadi Cawagub Jatim

Kompas.com - 05/01/2018, 15:57 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Puluhan massa yang mengaku relawan pendukung Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, mendatangi Balai Kota Surabaya, Jumat (5/1/2018) siang. Mereka meminta Risma tetap menjabat Wali Kota Surabaya sampai akhir masa jabatan.

Massa juga meminta Risma tidak menerima tawaran atau perintah pihak manapun yang mengarahkan Risma menjadi calon wakil gubernur Jawa Timur.

"Kami punya tanggung jawab moral untuk mengawal Bu Risma sampai akhir masa jabatan sebagai wali kota Surabaya," kata Jubir Kelompok Relawan Saya Surabaya, Imam Budi Utomo.

Menurutnya, kapasitas Risma sebagai wali kota masih dibutuhkan warga Surabaya. "Masih banyak permasalahan Kota Surabaya yang masih menjadi pekerjaan rumah Bu Risma," ucapnya.

(Baca juga : Wasekjen PKB: Risma Gantikan Azwar Anas Masih Simpang Siur )

Apa yang terjadi saat ini di Pilkada Jatim, sambung dia, adalah dinamika politik yang dimainkan beberapa elite partai. "Jangan sampai Ibu Risma menjadi korban politik Pilkada Jatim," jelasnya.

Dalam aksinya, massa membawa sejumlah spanduk dan poster bertuliskan. "Risma Tetap Wali Kota Surabaya" dan "Tolak Risma Cawagub Jatim".

Nama Risma kembali mencuat setelah munculnya kabar, Abdullah Azwar Anas akan mengundurkan diri dari pencalonannya mendampingi Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

Wakil Sekjen PKB Maman Imanulhaq mengatakan, kabar tersebut didapatkannya dari Wakil Sekjen PDI-P Ahmad Basarah. Sebab, ia mendapatkan informasi rencana mundurnya Anas juga dari Basarah.

(Baca juga : Sekjen PDI-P: Azwar Anas Tidak Mengundurkan Diri dari Pencalonan Pilkada Jatim )

Meski demikian, Maman mengatakan masih menunggu kepastian dari PDI-P yang akan menggelar rapat sore nanti, sebab Anas merupakan kader PDI-P.

Kompas TV Kabar miring kini menerpa pasangan bakal Calon Gubernur Syaifullah Yusuf-Azwar Anas. Belakangan Azwar Anas dikabarkan mundur dari pencalonan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com