Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Tersangka Penipuan Biro Umrah Ditangkap Saat Berada di Jalan Sentul Bogor

Kompas.com - 05/01/2018, 06:36 WIB
Labib Zamani

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - Satreskrim Polresta Surakarta kembali mengamankan dua orang tersangka kasus penipuan dan penggelapan biro umrah dan haji PT Ustmaniyah Hannien Tour.

Kedua tersangka tertangkap di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Kamis (4/1/2018) pukul 09.00 WIB. Pada saat dilakukan penangkapan, keduanya sedang berada di jalan.

"Mereka sedang di jalan kita tangkap. Mereka ikut terlibat dalam kasus penipuan dan penggelapan biro umrah dan haji PT Ustmaniyah Hannien Tour," kata Kasatreskrim Polresta Surakarta, Kompol Agus Puryadi mewakili Kapolresta Surakarta Kombes Pol Ribut Hari Wibowo di Solo, Kamis.

Agus mengungkapkan, penangkapan terhadap dua tersangka merupakan hasil pengembangan dari dua tersangka yang tertangkap sebelumnya pada akhir Desember 2017, yakni Farid Rosyidin (45) dan Avianto Boedhy Satya (50). Sementara Agus masih merahasiakan identitas kedua tersangka tersebut.

"Tidak ada perlawan pada saat kita lakukan penangkapan. Dua tersangka semuanya laki-laki dan sedang kita bawa ke Solo (Polresta Surakarta)," beber Agus.

Baca juga : Tipu 1.800 Korban, Kemenag Proses Pencabutan Izin Biro Umrah Ini

Selain mengamankan dua tersangka tersebut, pihaknya juga menggeledah rumah toko (ruko) yang selama ini dijadikan sebagai gudang penyimpanan barang bukti dalam kasus penipuan dan penggelapan biro umrah dan haji PT Ustmaniyah Hanien Tour. Semua barang bukti hasil penggeledahan akan dibawa ke Polresta Surakarta.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Surakarta, Rosyid Ali Safitri menyatakan akan mencabut perizinan biro umrah dan haji PT Ustmaniyah Hannien Tour lantaran terlibat kasus penipuan dan penggelapan.

Baca juga : Korban Penipuan Biro Umrah Rugi Hingga Rp 30 Juta Per Orang

Dengan dicabutnya izin operasional tersebut, maka biro umrah dan haji tersebut tidak bisa memberangkatkan calon jemaah umrah.

"Ini dalam kelengkapan data dan dalam proses. Tentunya izin operasional (biro umrah dan haji PT Ustmaniyah Hannien Tour) akan dicabut. Di Jakarta sudah proses itu (pencabutan izin)," tegas Rosyid.

Kompas TV Penipuan Umroh Hannien Tour memupuskan harapan lebih dari 1.800 anggota calon jemaah umrah.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com