Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puskesmas di Aceh Utara Terendam, Pasien Dievakuasi ke RSUD

Kompas.com - 04/01/2018, 17:33 WIB
Masriadi

Penulis

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Semua pasien di Puskesmas Matangkuli, Kabupaten Aceh Utara, terpaksa dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cut Meutia, di Buket Rata, Kota Lhokseumawe, Kamis (4/1/2018). Sebab, ketinggian air di puskesmas itu setinggi pinggang orang dewasa.

Kepala Humas Pemerintah Kabupaten Aceh Utara Teuku Nadirsyah menyebutkan, beberapa pasien rawat inap langsung dilarikan ke rumah sakit.

“Karena hari ini air mulai masuk ke ruang perawatan sehingga kami evakuasi segera mungkin,” sebutnya.

Selain itu, sambung Nadirsyah, stok beras untuk korban bencana alam di gudang Dinas Sosial Aceh Utara saat ini tersedia 75 ton. Menurut dia, jumlah itu hanya cukup untuk dua atau tiga hari ke depan.

“Kemarin dalam sehari saja kami salurkan tiga ton beras ke dua kecamatan, yaitu Kecamatan Pirak Timur dan Kecamatan Matangkuli. Hari ini disalurkan lagi ke seluruh kecamatan yang terendam banjir,” terangnya.

Baca juga: Banjir Meluas, Pengungsi Aceh Utara Kekurangan Sembako

Dia menyebutkan, semakin meluasnya banjir maka jumlah kebutuhan beras semakin tinggi. Pemerintah Aceh Utara, sambung Nadirsyah, telah meminta bantuan beras dari Dinas Sosial Provinsi Aceh.

“Untuk penanganan banjir, kami pastikan semua berlangsung baik. Untuk itu, bupati sudah menginstruksikan camat harus stand by di lokasi banjir. Jangan ada yang keluar daerah, ini untuk memastikan distribusi bantuan dan evakuasi lancar,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, banjir mulai merendam sejumlah daerah di Aceh Utara sejak Rabu (3/1/2018). Puluhan desa dan area pertanian terendam serta puluhan warga mengungsi.

Kompas TV Selain tingginya curah hujan, banjir juga dipicu luapan Sungai Kerto yang mengalami pendangkalan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com