Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil: Di Pilkada Jabar Penuh Drama

Kompas.com - 28/12/2017, 18:46 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Calon wakil pendamping Ridwan Kamil di Pilkada Jawa Barat tak kunjung terjawab. Setelah sempat terdesak lantaran dipaksa segera menentukan calon pendamping, kini kendali pemilihan calon wakil diserahkan kepada tiga partai pendukung, yakni Partai NasDem, PPP, dan PKB.

Emil, begitu ia disapa, mengatakan Pilkada Jabar saar ini penuh drama seiring dengan dinamika yang terus berkembang menuju tanggal pendaftaran.

"(Pemilihan wakil) sudah diserahkan kepada DPP. Di pilkada jabar penuh drama-drama," ucap Emil seraya tertawa, saat ditemui usai meresmikan gedung Bandung Creative Hub, Kamis (28/12/2017).

Emil menuturkan, penentuan pemilihan calon wakil diserahkan ke petinggi partai atas ragam pertimbangan.

"Keputusannya tidak bisa diselesaikan di Jabar, tapi di level DPP karena Jabar dihitung sebagai konstelasi pemilihan daerah yang sangat besar nomor dari di sisi pemilih, maka keputusan ada di para ketua DPP," ucapnya.

Baca juga : PKB Tetap Tolak Uu Ruzhanul Ulum Jadi Pendamping Ridwan Kamil

Sebelum memutuskan penentuan calon wakil gubernur diserahkan kepada petinggi partai, Emil sempat berinisiatif meminta opini dari sejumlah tokoh Jabar untuk memberi penilaian terhadap enam kandidat wakilnya. Opini tokoh itu, lanjut Emil, tetap akan disertakan sebagai bahan masukan bagi para petinggi partai.

"Masukan dari tokoh Jabar tetap akan jadi pertimbangan. Jadi saya menunggu kabar posisinya bagaimana urusan wakil, saya akan menerima. Hari ini masih negosiasi di level DPP," jelasnya.

Baca juga : Ridwan Kamil Minta Partai Koalisi Umumkan Calon Wakilnya Pekan Ini

Kompas TV Peta politik pemilihan Kepala Daerah Jawa Barat berubah setelah Golkar menarik dukungan kepada Ridwan Kamil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com