Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Saya Yakin 75 Persen Djarot Jadi Calon Gubernur Sumut dari PDI-P"

Kompas.com - 26/12/2017, 14:56 WIB
Kontributor Pematangsiantar, Tigor Munthe

Penulis

PEMATANGSIANTAR, KOMPAS.com - Djarot Saiful Hidayat diperkirakan akan menjadi kandidat calon Gubernur Sumatera Utara dalam Pilkada Serentak 2018 mendatang.

"Saya yakin 75 persen, beliau akan menjadi calon gubsu dari PDI Perjuangan," kata Paiman Silalahi, mantan ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Simalungun saat menunggu kehadiran Djarot Saiful Hidayat di Simalungun Room, Siantar Hotel, Pematangsiantar, Selasa (26/12/2017).

Keyakinan itu, menurut Paiman, bisa dilihat dengan turunnya Djarot ke daerah, termasuk ke Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun, Kota Medan dan rencananya ke Danau Toba, Kabupaten Samosir.

Meski judul kegiatan disebut konsolidasi internal partai, namun menurut Paiman yang juga mantan anggota DPRD Kabupaten Simalungun, kehadiran Djarot ke daerah dipastikan karena ada sinyal kuat namanya muncul sebagai kandidat petarung dalam Pilkada Sumut 2018.

"Beliau turun tentu karena mendapat sinyal kuat dari ketua umum, apalagi beliau sebagai salah seorang pengurus DPP PDI Perjuangan," tegas Paiman.

Soal peluang dari Djarot jika benar-benar menjadi calon dari PDI Perjuangan yang konon dia tak memiliki basis politik di Sumut, Paiman mengatakan, semua itu tergantung pengurus, kader dan simpatisan partai.

Baca juga : Djarot Saiful Hidayat Masuk Daftar Jagoan PDI-P untuk Pilgub Sumut

Kalau semua elemen partai bekerja secara all out dan melakukan kerja politik secara gotong-royong, maka Djarot bisa menang di Pilkada Sumut 2018.

"Partai ini kan mengandalkan gotong-royong. Jika itu dijalankan semua pasti bisa memenangkan pertarungan," kata pria berusia 60-an itu.

Dia mengingatkan, Djarot, selain seorang kader partai yang militan, juga dikenal memiliki jejak rekam yang bersih, memiliki integritas dan mempunyai kemampuan memimpin.

"Itu sebuah potensi. Itu sebabnya, saya meski sudah sepuh datang ke mari," kata Paiman.

Sementara itu, Djarot tiba di Kota Pematangsiantar sekitar pukul 14.00 WIB. Dia langsung meluncur ke lokasi acara konsolidasi partai didampingi Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Pematangsiantar Timbul Lingga, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Simalungun Maha Darma Saragih dan Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut Japorman Saragih.

Baca juga : Tanggapan Djarot Atas Mundurnya Bupati TTU dari Ketua DPC PDI-P

Maha Darma Saragih mengatakan, mantan gubernur DKI Jakarta yang juga ketua DPP PDI-P bidang organisasi dan keanggotaan datang ke Siantar untuk melakukan konsolidasi partai.

"Beliau kan pengurus partai, jadi perlu memantau terkait Pilkada Serentak 2018 di Sumut, yang terdiri dari satu tingkat provinsi dan 8 kota kabupaten," terang Maha.

Kompas TV Djarot meminta publik memberi kesempatan bagi Anies - Sandi untuk bereskan masalah Jakarta.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com