Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilkada Garut, Nasdem Dukung Bupati Petahana

Kompas.com - 21/12/2017, 21:42 WIB
Ari Maulana Karang

Penulis

GARUT, KOMPAS.com - DPC Partai NasDem Kabupaten Garut secara resmi memberikan dukungannya kepada Bupati Rudy Gunawan untuk maju dalam Pilkada Garut 2018 mendatang.

Padahal sebelumnya, NasDem telah melamar tiga orang bakal calon yang akan diusungnya dalam Pilkada.

"NasDem sudah memastikan untuk mendukung Rudy Gunawan jadi calon bupati Garut untuk Pilkada tahun 2018 mendatang," jelas Tubagus Hamzah, Ketua DPC Partai NasDem Kabupaten Garut, Kamis (21/12/2017).

Bagus menjelaskan, NasDem mendukung Rudy Gunawan setelah melihat hasil survei petahana tersebut. Elektabilitas Rudy paling tinggi dibanding calon lainnya. Karena itu, keputusan ini kecil kemungkinan untuk berubah karena sudah menjadi keputusan DPP.

(Baca juga : Syarat Pencalonan dari Perseorangan dan Partai Politik untuk Pilkada Garut)

Rudy, sambung Bagus, telah datang ke kantor DPC NasDem untuk berkoordinasi dan sebagai tanda keseriusan Rudy kepada para pengurus DPC. Bahkan, Rudy juga akan membangun komunikasi intensif dengan jajaran pengurus Partai NasDem Garut.

"Ini memang pertama kali ada komunikasi dengan Rudy Gunawan. Dukungan partai pun lebih awal diberikan kepada calon, karena belum ada partai yang menyatakan dukungan kepada bakal calon sampai saat ini," jelasnya.

Menurut Bagus, Rudy Gunawan memang telah menyodorkan nama calon wakil bupatinya. Orang itu adalah Helmi Budiman, Wakil Bupati Garut yang akan diusung PKS.

Terpisah, Bupati Garut Rudy Gunawan mengakui telah mengantongi rekomendasi Partai NasDem untuk maju pada Pilkada Garut. Namun, dukungan NasDem belum bisa memenuhi syarat minimal untuk maju dalam Pilkada Garut bersama Helmi Budiman yang diusung PKS.

(Baca juga : Mantan Pebalap Nasional Ini Ikut Ramaikan Pilkada Garut )

Karenanya, Rudy masih menunggu keputusan Partai Gerindra untuk merekomendasikan dirinya maju dalam Pilkada Garut.

Rudy mengaku, dirinya dan Helmi Budiman telah diwawancara langsung oleh Sekjen Gerindra dan juga Prabowo Subianto terkait rencana pencalonannya. Rudy menegaskan akan maju dalam Pilkada Garut jika direkomendasikan Partai Gerindra.

"Jika Gerindra dukung calon lain, saya tak akan mencalonkan diri. Mungkin sudah takdir saya untuk tidak maju, sekarang saya masih tunggu kepastian dari Gerindra," tegasnya.

Rudy mengaku, dirinya akan menaati semua keputusan Partai Gerindra soal Pilkada Garut. Termasuk jika merekomendasikan nama selain dirinya. Bahkan, dirinya akan mendukung calon tersebut.

"Saya juga tetap akan dukung Pak Helmi maju dalam Pilkada meski tidak berpasangan dengan saya," katanya.

Syarat minimal pencalonan calon bupati dan wakil bupati Garut, salah satunya adalah dukungan dari parpol dengan jumlah kursi di DPRD Garut minimal 10 kursi.

Partai NasDem di DPRD Garut memiliki 2 kursi, sementara PKS 4 kursi. Jika Gerindra yang punya 4 kursi di DPRD Garut ikut gabung, maka syarat minimal pencalonan pasangan petahana bisa terpenuhi.

Kompas TV Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengisyaratkan akan melepas Pangkostrad Letjen Edy Rahmayadi maju dalam Pilgub Sumut 2018.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com