Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecelakaan di Tol Cipali, Jenazah Istri Bupati Pidie Dibawa ke Aceh

Kompas.com - 09/12/2017, 15:07 WIB
Daspriani Y Zamzami

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com – Jenazah Syarifah (48), istri Bupati Pidie Roni Ahmad, tiba di Aceh melalui Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh Besar, Sabtu (9/12/2017) pukul 11.00 wib.

Jenazah yang diantar oleh Sang Bupati disambut haru oleh anggota keluarga yang berdomisili di Banda Aceh. Jenazah dan Bupati juga disambut oleh Wakil Bupati Pidie Fadhlullah TM Daud dan Sekda Kabupaten Pidie Amiruddin.

Jenazah tiba dengan menggunakan maskapai penerbangan Batik Air. Sedangkan dua jenazah lainnya yakni jenazah Ajudan Bupati, Afdal (27), dan Ajudan Alm Syarifah, Cut Rita Zahra (30) tiba siang nanti dengan maskapai penerbangan Garuda Indonesia.

Keponakan Syarifah, Atikah (35) mengaku pihak keluarga berencana memakamkan jenazah pada hari ini, namun masih belum bisa dipastikan lokasi pemakamannya.

Baca juga : Kecelakaan di Purwakarta, Istri Bupati Pidie Meninggal

“Kami menunggu keputusan dari Abusyik (Panggilan untuk Bupati Pidie), pakaha kan dimakamkan di kampung halaman almarhumah di Desa Garut atau dimakamkan di daerah mereka tinggal saat ini, namun yang jelas kedua tempat itu sudah disiapkan untuk pemakaman,” jelas Atikah.

Meski sudah tinggal berjauhan, Atikah mengaku selalu berkomunikasi dengan Syarifah. Bahkan sebut Atikah, mereka baru saja bertemu tiga hari lalu, saat Syarifah berkunjung ke Jakarta.

Syarifah yang sehari-hari dipanggil dengan sebutan Fafah ini, disebut Atikah adalah sosok yang sangat humanis dan periang.

“Bagi saya dia adalah perempuan yang tangguh, setia, dan kuat menempuh lika-liku hidup mereka bersama anak-anak dan Abusyik, apalagi saat aceh masih dilanda konflik, dia tetap kuat hidup ditengah tekanan perang dan konflik, karena saat itu Abusyik adalah bagian dari gerakan pemberontakan,” jelas Atikah, Sabtu (9/12/2017).

Baca juga : Kronologi Kecelakaan di Tol Cipali yang Menewaskan Istri Bupati Pidie

Sejumlah kerabat juga terlihat di Bandara saat menjemput jenazah, diantaranya mantan Gubernur Aceh Zaini Abdullah dan mantan Ketua DPR Aceh Hasbi Abdullah.

“Kami turut berduka cita atas musibah ini, semoga keluarga yang ditinggal bisa tabah,” kata mantan Gubernur Aceh, Zaini Abdullah.

Jenazah dipulangkan ke Kabupaten Pidie dengan menggunakan ambulan dan direncanakan jenazah Almarhumah Syarifah disemayamkan di Pendopo Bupati Pidie sambil menunggu kedatangan dua jenazah lainnya.

Syarifah (48), istri Bupati Pidie, tewas dalam kecelakaan di tol Cipali, pada Jumat (8/12/2017) sore. Mobil yang ditumpanginya menabrak sebuah truk.

Kejadian ini bermula saat kendaraan yang ditumpangi Syarifah melaju dari arah Cikopo menuju Palimanan. Namun, setiba di tempat kejadian perkara, kendaraan tersebut kehilangan kendali dan menabrak truk yang berada di bahu jalan.

Kompas TV Dinas PU Kabupaten Pidie membangun jembatan sementara.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com