Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Jokowi Jajal Tol Soroja dengan Menumpang Bus Persib

Kompas.com - 04/12/2017, 21:18 WIB
Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Soroja (Soreang- Pasirkoja), Senin (4/12/2017) di Gerbang Tol Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Seusai peresmian, Presiden Jokowi bersama beberapa menteri seperti Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan hingga Sekretaris Kabinet Pramono Anung menaiki bus milik klub sepak bola Persib Bandung.

Dari pantauan Kompas.com, di dalam bus tersebut ikut pula Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar, jajaran Manajemen Persib Bandung serta terlihat pula beberapa pemain seperti Tantan, Atep, Gian Zola, Deden Natsir, Jajang Sukmara dan Bili Keraf.

“Ya, karena bus Persibnya bagus. Saya lihat bagus ya saya naik saja,” kata Jokowi saat ditemui sesaat sebelum naik ke dalam bus Persib Bandung, Senin siang.

Seusai peresmian, bus Persib yang ditumpangi Presiden Jokowi dan rombongan menjajal aspal jalan Tol Soroja yang baru rampung.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan, Tol Soroja merupakan infrastruktur yang paling dinantikan oleh masyarakat Kabupaten Bandung dan Kota Bandung. Pasalnya, pembangunan tol sepanjang 10,55 kilometer ini telah mangkrak cukup lama.

“Ini tol yang sangat dinantikan masyarakat di Kabupaten Bandung dan sekitarnya dan sudah ditunggu lama sejak 1996,” ujar Jokowi saat diwawancara seusai peresmian, Senin siang.

Baca juga : Presiden Jokowi Resmikan Tol Soroja yang Mangkrak sejak 1996

Lebih lanjut Jokowi mengklaim, pengerjaan Tol Soroja dikebut pada masa pemerintahannya lewat PT Citra Marga Lintas Jabar sebagai Pengusahaan Jalan Tol Soroja.

“Sudah kita kerjakan dua tahun lebih sedikit,” akunya.

Jokowi optimistis keberadaan Tol Soroja bakal mempersingkat waktu tempuh dari Kota Bandung ke Kabupaten Bandung yang biasa ditempuh selama satu sampai dua jam via Kopo yang dikenal sebagai jalur neraka.

“Kita harapkan dengan tol yang ada ini dari Bandung ke Soreang memakan waktu kurang lebih 12 menit dari sebelumnya karena macet sampai satu setengah jam lebih,” ungkapnya.

Baca juga : Tol Soroja Ditargetkan Beroperasi September 2017

Untuk diketahui, Tol Soroja yang menjadi bagian dari jaringan transportasi Bandung Raya dan terkoneksi dengan Tol Purbaleunyi memiliki nilai investasi sebesar Rp 1,765 triliun. Tol Soroja memiliki lima gerbang, yaitu Margaasih Barat, Margaasih Timur, Kutawaringin Barat, Kutawaringin Timur dan Soreang.

Kompas TV Lembaga survei Indo Barometer memperlihatkan elektabilitas Joko Widodo masih mengungguli beberapa nama.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com