Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Ruko Pasar Tikke Ludes Terbakar, 1 Orang Terluka Parah

Kompas.com - 23/11/2017, 12:30 WIB
Junaedi

Penulis

MAMUJU UTARA, KOMPAS.com - Sembilan unit ruko di Pasar Tikke, Mamuju Utara, Sulawesi Barat, ludes terbakar, Kamis (23/11/2017) sekitar pukul 9.30 Wita. Kebakaran berlangsung saat pasar tengah ramai pengunjung.

Akibatnya, ratusan warga dan pedagang panik. Mereka berlari hingga bertabrakan untuk menghindari kobaran api yang terus membesar.

Salah seorang penghuni ruko, Umar (65) terperangkap api dan terbakar di dalam rukonya. Untungnya, penghuni tersebut berhasil diselamatkan meskipun korban mengalami luka bakar di seluruh tubuhnya.

"Api muncul tiba-tiba dari dalam ruko ketiga. Karena saya panik seperti warga lainnya saya langsung lari dan hanya mengambil beberapa barang yang bisa saya selamatkan sebelum ludes dilalap api,” tutur Iwan, pemilik salah satu ruko yang terbakar.

(Baca juga : Keberadaan Tukang Las Pemicu Kebakaran Pabrik Mercon Masih Misterius)

Iwan mengatakan, api begitu cepat membesar. Hanya dalam dua jam, api menghanguskan sembilan unit ruko yang mayoritas berbaga kayu dan seng.

Cuaca panas disertai angin kencang di sekitar lokasi juga ikut mempercepat kebakaran di lokasi. Api baru bisa dipadamkan petugas setelah empat unit pemadam kebakaran diturunkan ke lokasi. 

Hingga kini belum diketahui pasti pemicu kebakaran tersebut. Namun sementara, penyebab kebakaran diduga karena hubungan arus pendek dari salah satu ruko.

Muliady Halim, Kadis Pol PP dan Damkar mengatakan, api baru bisa dipadamkan setelah empat unit mobil pemadam kebakaran diturunkan. “Ada 9 ruko yang terbakar termasuk sebuah motor. Diduga pemicu kebakaran akibat kosleting listrik,” tuturnya.

Selain menghanguskan sembilan unit ruko, satu buah kendaraan roda dua juga hangus terbakar. Bahkan, seorang penghuni ruko mengalami luka bakar di sekujur tubuhnya. Saat ini korban berada di rumah sakit. 

Kompas TV Untuk mencegah serangan lain, warga dibantu pemadam kebakaran langsung menghancurkan sarang tawon.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com