Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PVMBG: Hujan Abu Vulkanik Landa Sejumlah Desa di Sekitar Gunung Agung

Kompas.com - 22/11/2017, 05:05 WIB
Kontributor Bali, Robinson Gamar

Penulis

KARANGASEM, KOMPAS.com - Sejumlah desa di sekitar lereng Gunung Agung mulai dilanda hujan abu vulkanik setelah gunung tertinggi di Bali tersebut meletus pada Selasa (21/11/2017) sore.

Daerah yang terkena hujan abu antara lain Desa Pidpid, Nawakerti, Bukit Galah, Sebudi dan Desa Abang. Desa-desa ini berada dalam radius bahaya Gunung Agung.

Hujan abu diketahui setelah adanya laporan dari sejumlah warga yang dekat dengan puncak kepada petugas pos pantau Gunung Agung.

Mendapat laporan warga, petugas dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) langsung terjun ke lapangan untuk memeriksa kebenaran kabar itu.

Dari pengecekan ini, petugas PVMBG menemukan adanya abu vulkanik, tetapi dengan intensitas masih tipis.

"Tim Tanggap Darurat PVMBG sedang di lapangan dan sudah menemukan abu, tapi intensitas abu masih tipis," kata Kasubid Mitigasi Wilayah Timur PVMBG, Devi Kemal pada Selasa (21/11/2017) malam.

Baca juga : Gunung Agung Meletus, Warga Sekitar Diimbau Kenakan Masker

KOMPAS Gunung Agung Meletus
Namun dia mengimbau agar warga tetap tenang dan tidak panik dan terus mengikuti arahan petugas.

"Jadi semuanya tenang saja selama masih mengikuti rekomendasi PVMBG," kata Devi.

Sebelumnya, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan Gunung Agung tidak mengeluarkan abu vulkanik.

Hal ini dikatakan Sutopo menjawab beredarnya informasi dan postingan di media sosial bahwa Gunung Agung mengeluarkan abu vulkanik. Ramainya postingan tersebut mulai marak pasca-kenaikan level status Gunung Agung dari Waspada menjadi Siaga pada Senin (18/9/2017) malam.

"Berdasarkan laporan dari PVMBG dan pantuan visual dari Pos Pengamatan Gunung Api Agung, belum terjadi hujan abu," kata Sutopo, Selasa (19/9/2017).

Baca juga: Baca juga : BNPB Bantah Adanya Hujan Abu Vulkanik dari Gunung Agung

Untuk diketahui Gunung Agung yang terletak di Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali, meletus sejak Selasa (21/11/2017) pukul 17.05 Wita. Letusan masih terus berlangsung.

Dari puncak gunung tampak menyembur asap kelabu dan abu tipis setinggi kurang lebih 500-700 meter yang tertiup angin ke arah timur dan tenggara.

Kompas TV Gunung Agung memuntahkan kepulan asap dengan ketinggian 700 meter.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com