Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ke Jepang Bahas "Sister City", Bupati Karawang Enggan Ada Isu Miring

Kompas.com - 16/11/2017, 16:01 WIB
Farida Farhan

Penulis

KARAWANG, KOMPAS.com - Bupati Karawang Cellica Nurracadiana bakal melawat ke Jepang untuk membahas Sister City dan pertukaran budaya pada 18 November 2017 mendatang. Ia tak mau kepergiannya menimbulkan isu miring.

"Kami diundang oleh gubernur Osaka. Kami berangkat dengan rombongan dinas dan anak-anak SMPN I Karawang Barat, berjumlah 70 orang," ucapnya.

Ia berharap, sister city yang bakal dibahas akan membawa kebaikan untuk kota berjuluk Pangkal Perjuangan itu. Hanya saja, ia mengaku belum bisa menjelaskan mengenai rincian pembahasan sister city tersebut.

"Ada kerja sama antara pemda dengan pemerintah di sana,"  ucapnya.

Sister city adalah kerja sama dua kota yang berbeda lokasi dan administrasi politik dengan tujuan menjalin hubungan budaya dan kontak sosial antar-penduduk.

Selain mengenai sister city, Cellica beserta rombongan yang rencananya melawat selama lima hari di Osaka itu juga membahas mengenai program magang dan pertukaran pelajar di Jepang. 

"Sudah ada beberapa siswa SMAN 1 yang belajar di sana. Selain itu, kita juga membawa angklung untuk pertukaran budaya," katanya.

Baca juga : Puji Tata Kelola Purwakarta, Gubernur Setif Aljazair Tawarkan Sister City

Politisi asal Partai Demokrat itu mengaku menjelaskan lebih awal perihal keberangkatannya ke Negeri Sakura itu agar tidak menimbulkan kesalahpahaman. 

"Saya tidak mau ini menjadi isu-isu lagi. Jadi saya katakan dari sekarang. Apalagi BPBD saat ini sedang rapaf untuk mengantisipasi banjir, dan insya Allah Karawang aman," ucapnya.

Sebelumnya, keberangkatan Cellica ke Trieste, Italia untuk mengahadiri 11th Workshop and Congress on Kangaroo Mother Care pada 14 sampai 17 November 2016 lalu sempat diterpa isu miring.

Baca juga : Wali Kota di Korea Kunjungi Malang untuk Jalin Sister City

Cellica yang saat itu berangkat dengan direktur RSUD Karawang, kepala Dinas Kesehatan, dan kasi Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinas Kesehatan Karawang sempat menjadi sorotan publik,  lantaran saat itu beberapa wilayah di Karawang-Purwakarta tengah terendam banjir. 

Kompas TV Pasangan Calon Gubernur DKI nomor urut dua, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat mendatangi Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. Pasangan Ahok-Djarot bertemu di kediaman Megawati di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Pertemuan Ahok-Djarot dengan Megawati terjadi saat menerima rombongan Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma. Dalam pertemuan ini, dibahas rencana kota kembar atau sister city antara Cape Town dan Jakarta. Ahok juga menawarkan budidaya ikan kerapu yang dikembangkan di Kepulauan Seribu. Setelah pertemuan, Ahok-Djarot pergi bersama Megawati dan Sekjen PDI Perjuangan. Namun, Djarot menegaskan pertemuan ini tidak berhubungan dengan politik Pilkada Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com