Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Deras, Sejumlah Ruas Jalan di Batam Tergenang Air Hingga 70 Cm

Kompas.com - 14/11/2017, 08:45 WIB
Hadi Maulana

Penulis

BATAM, KOMPAS.com - Hujan deras disertai angin, yang terjadi sejak dini hari hingga pagi ini di Kota Batam Kepulauan Riau (Kepri), membuat sejumlah ruas jalan protokoler tergenang.

Bahkan dari genangan air itu, tidak sedikit mengakibatkan kelumpuhan akses yang menghubungkan antarkecamatan yang ada di Batam. Salah satunya akses jalan kawasan Marina yang meghubungkan Batuaji dengan Sekupang.

Tidak sedikit kendaraan yang berbalik arah karena tingginya genangan air di kawasan Marina yang diperkirakan mencapai 50 hingga 70 cm itu. Bahkan ada kendaraan yang harus didorong akibat mogok karena berusaha melalui genangan air tersebut.

Zuki, warga Tanjung Riau mengaku memutuskan pulang dan tidak bekerja karena tidak berani
menerobos genangan air tersebut.

"Pulang lagi Bang, gak berani menerobos. Kemarin saya pernah menerobos, tapi pas di tengah-tengah perjalanan mobil saya mogok," kata Zuki mengenang kejadian kemarin yang dialaminya.

(Baca juga : Maaf-maaf Ya, Waktu Zaman Pak Ahok Enggak Pernah Banjir...)

Hal serupa diungkapkan Desi. Ia mengaku kecewa dengan kejadian ini. "Padahal jalan ini merupakan jalan satu-satunya yang cepat jika kita hendak menuju ke Batuaji dari Tanjung Riau. Tapi itulah setiap hujan turun jalan ini selalu tergenang," katanya.

Desi mengaku seharusnya pemerintah membuatkan drainase atau parit besar untuk menyalurkan air. Sehingga tidak perlu lagi ada genangan air di jalan ini.

"Padahal hanya jarak 300 meter sudah laut, tapi itulah akibat buruknya drainase, jadi malah
seperti ini," ungkapnya.

Pantauan Kompas.com di lapangan, tidak sedikit pengguna jalan yang menunggu surutnya genangan air. Namun karena tidak kunjung surut, ada sebagian pengendara yang balik arah dan juga yang tetap menunggu.

Kompas TV Sekitar 132 dua gubuk liar yang berdiri di atas jalan inspeksi Banjir Kanal Barat, Senin (13/11) dibongkar petugas Satpol PP DKI Jakarta.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com