Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sabtu, Megawati Akan Umumkan Calon PDI-P untuk Pilgub Bali

Kompas.com - 10/11/2017, 22:54 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis


KOMPAS.com
 — Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoputri, Sabtu (11/11/2017), akan mengumumkan bakal calon gubernur Bali yang akan diusung partainya dalam Pemilu Gubernur (Pilgub) Bali pada 2018.

“Pengumuman akan dilakukan pada pukul 11.00 WIB,” kata Sekjen PDI-P Hasto Kristiyanto lewat siaran persnya, Jumat (10/11/2017) malam.

Pengumuman ini akan disampaikan di kantor DPP PDI-P di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, bertepatan dengan perayaan Hari Raya Kuningan.

Sebelumnya, ada tiga kandidat yang mendaftar ke PDI-P untuk maju menjadi bakal calon gubernur Bali yang akan diusung partai ini.

Ketiga kandidat tersebut adalah anggota DPR dari FPDI-P I Wayan Koster, Wali Kota Denpasar Rai Mantra, dan Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti.

Adapun untuk posisi bakal calon wakil gubernur Bali, tiga kandidat juga sudah mendaftar ke PDI-P. Mereka adalah Rai Wijaya, Agus Suradnyana, dan Cok Oka Arthadan.

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (kanan) dan Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. Gambar diambil pada Minggu (10/9/2017).KOMPAS.com/ANDI HARTIK Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (kanan) dan Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. Gambar diambil pada Minggu (10/9/2017).

Menurut Hasto, PDI-P sebagai partai ideologis berkomitmen mengedepankan kepentingan rakyat dalam setiap pelaksanaan pemilu kepala daerah (pilkada). Pilgub Bali, tegas dia, bukan perkecualian.

“Sebagaimana arahan Ibu Ketua Umum (PDI-P), pilkada bagi PDI-Perjuangan bukanlah semata-mata urusan menang kalah, tetapi pesta rakyat yang harus menghadirkan kegembiraan dan mengedepankan keadaban,” imbuh Hasto.

Dengan komitmen tersebut, ujar Hasto, PDI-P tidak akan menghalalkan segala cara hanya demi mendapatkan kemenangan. "Kami bukan partai yang menghalalkan segala cara,” tegas dia.

Hasto menambahkan, pengumuman bakal calon yang akan diusung PDI-P pada Pilgub Bali dijadwalkan juga dihadiri pengurus cabang dan daerah partainya asal NTT.

Menurut Hasto, kehadiran pengurus dari NTT ini terkait agenda pilgub dan pilkada di 10 kabupaten di provinsi tersebut.

“Pengurus partai di NTT sengaja kami undang untuk mendengarkan langsung arahan Ibu Ketua Umum (PDI-P) karena itu. Partai perlu mengadakan konsolidasi internal,” kata Hasto.

Di luar konsolidasi terkait pilkada, lanjut Hasto, pengurus PDI-P dari NTT akan diminta berguru pengalaman dari kolega mereka di Bali soal kebudayaan, pariwisata, dan pertanian.

"Tiga sektor itu telah berjalan dengan baik di Bali,” ujar Hasto.

Kompas TV Pengumuman calon yang diusung PDI Perjuangan berlangsung di Kantor DPP PDIP di Jakarta Pusat, Minggu 15/10.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com