Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Budayawan Solo Sebut Pernikahan Kahiyang-Bobby Etalase Wajah Nusantara

Kompas.com - 09/11/2017, 16:22 WIB
Labib Zamani

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - Konsep pernikahan Muhammad Bobby Afif Nasution dan Kahiyang Ayu, Rabu (8/11/2017), menjadi perwujudan etalase wajah nusantara dalam balutan budaya. Hal itu tergambar dalam prosesi ijab kabul pernikahan putri Presiden Jokowi tersebut. 

Saksi pernikahan prosesi ijab kabul, memakai pakaian kebesaran daerahnya. Seperti Wakil Presiden Jusuf Kalla yang menjadi saksi pernikahan dari keluarga Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Makassar.

Begitu pula Menteri Perekonomian, Darmin Nasution yang menjadi saksi pernikahan dari keluarga Bobby mengenakan pakaian kebesaran adat tradisional Mandailing Natal Tapanuli Selatan.

"Setiap bicara itu saya pasti secara pribadi merinding. Karena apa, inilah Indonesia, inilah jiwa, inilah rasa," kata budayawan asal Solo, Mufti Raharjo kepada Kompas.com, Kamis (9/11/2017).

(Baca juga : Pernikahan Kahiyang-Bobby, Merayakan Kebinekaan ala Kids Zaman Now)

Presiden Joko Widodo (kedua kiri) didampingi Ibu Negara, Iriana Joko Widodo (kiri) dan menantunya Selvi Ananda (ketiga kiri) menyaksikan prosesi pemasangan cincin kawin saat pernikahan putrinya Kahiyang Ayu (kedua kanan) dan Bobby Nasution (kedua kanan) seusai ijab kabul di Gedung Graha Saba, Sumber, Solo, Jawa Tengah, Rabu (8/11/2017).ANTARA FOTO/MAULANA SURYA Presiden Joko Widodo (kedua kiri) didampingi Ibu Negara, Iriana Joko Widodo (kiri) dan menantunya Selvi Ananda (ketiga kiri) menyaksikan prosesi pemasangan cincin kawin saat pernikahan putrinya Kahiyang Ayu (kedua kanan) dan Bobby Nasution (kedua kanan) seusai ijab kabul di Gedung Graha Saba, Sumber, Solo, Jawa Tengah, Rabu (8/11/2017).
Mufti menganggap pernikahan putri Jokowi tersebut adalah 'love of wisdom' atau cinta kebijaksanaan. Kata philosophia terdiri atas kataphilein yang berarti cinta (love) dan Sophia yang berarti kebijaksanaan (wisdom).

Mufti yang yang juga menjabat Kabid Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Dinas Kebudayaan Kota Solo, mengapresiasi tata cara adat pernikahan Kahiyang dan Bobby yang memakai adat Jawa pakem.

"Adat istiadat, tata cara, upacara, nilai, tradisi, kearifan lokal itu bicara tentang jiwa dan kalbu. Setiap berbicara tentang jiwa atau kalbu, dia adalah menuju satu tujuan, yakni tenang, tentram, aman, damai, dan harmoni. Baik sama alam, teman, tetangga, masyarakat, berbangsa dan bernegara," ucapnya.

"Artinya bahasa budaya itu teramat sakti untuk mencegah aksi terorisme. Jadi kalau sudah seperti itu tenang, tentram, aman, damai dan harmoni) mau neko-neko atau macam-macam itu nggak mungkin," jelas Mufti.

Kompas TV Keunikan prosesi resepsi pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution pada malam hari digelar dengan prosesi pernikahan adat Jawa klasik.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com