Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gara-gara Sisa Bakaran Ayam, Pohon Beringin Berusia Ratusan Tahun Ludes Terbakar

Kompas.com - 03/11/2017, 18:14 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

AMBARAWA, KOMPAS.com - Sebuah pohon beringin berusia ratusan tahun di Dusun Dangkel, Desa Banyubiru, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang, terbakar hebat, Jumat (3/11/2017) siang.

Terbakarnya pohon ini membuat warga setempat geger. Pasalnya, ratusan warga saat itu tengah berkumpul di Sendang Sepanjang untuk menyiapkan kenduri merti dusun.

"Penyebab kebakarannya ingkung pitik (ayam)," kata Susilo, salah seorang warga.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu namun batang pohon beringin berdiameter 2 meter dengan tinggi 15 meter ini roboh mengenai teras rumah warga.

Kades Banyubiru Sri Anggoro Siwaji membenarkan bahwa sumber kebakaran berasal dari perapian yang dibuat oleh warga. Saat itu, warga tengah membakar ayam di sekitar pohon beringin saat bersamaan warga lainnya juga tengah membersihkan jeroan yang juga akan dibakar.

"Terbakar jam 09.30 WIB. Terbakar karena sisa api dari perapian untuk bakar ayam untuk kenduri nyadaranan dusun," kata Kades Banyubiru Sri Anggoro Siwaji saat dihubungi, Jumat siang.

(Baca juga: Pohon Beringin Berumur Seabad di Makam Keramat Tumbang Timpa 3 Rumah)

Warga awalnya berupaya memadamkan api dengan alat seadanya, namun api sangat cepat merembet ke atas pohon lantaran batang pohon beringin tersebut bagian dalamnya sudah lapuk.

Maka seluruh batang pohon beringin tersebut habis terbakar. Perangkat desa kemudian memanggil regu pemadam kebakaran.

"Walaupun sudah diatasi dengan mobil damkar dua unit tetap saja tidak efektif akibatnya roboh menimpa rumah milik Bapak Marbu bagian teras," katanya.

Selain mengenai teras rumah warga, batang pohon tersebut juga menutup akses jalan dusun. Warga kemudian bergotong-royong membuka akses jalan.

Kendati sudah tumbang ke tanah, api masih terlihat membakar pohon tersebut. Regu damkar pun dengan sigap memadamkan api sehingga tidak merembet ke rumah warga.

"Tidak ada korban jiwa dan api dapat dijinakkan, tidak merambat ke mana-mana," katanya.

Tak hanya warga Banyubiru yang geger dengan terbakarnya pohon beringin ini, warga Kecamatan Jambu yang jaraknya belasan kilometer dari Dusun Dangkel dapat melihat dengan jelas kebakaran pohon beringin ini.

"Dari Jambu kelihatan asapnya," kata Uswatun Khoiriyah, warga Jambu.

 

Kompas TV Saksi mata mengatakan, api diduga berasal dari salah satu rumah warga.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com