Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini, Tol Suramadu Mulai Berlakukan E-Toll

Kompas.com - 31/10/2017, 09:50 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Tol Surabaya-Madura (Suramadu) sejak Selasa (31/10/2017) tidak lagi menerima pembayaran uang tunai.

Di jembatan tol yang menghubungkan Pulau Madura dan Surabaya itu kini berlaku pembayaran menggunakan kartu elektronik atau e-tolll card.

Catatan Kompas.com menyebutkan, Tol Suramadu adalah ruas tol terakhir di Jatim yang memulai menerapkan e-tolll, bersamaan diterapkannya e-toll di ruas Tol Mojokerto - Kertosono.

"Sebelum diterapkan di Tol Suramadu, kita sudah sosialisasikan sejak sebulan lalu," kata Teddy Rosady, General Manager PT Jasa Marga cabang Gempol-Surabaya, selaku pengelola Tol Suramadu.

Pemakaian uang elektronik untuk pembayaran transaksi jalan tol di Jatim diterapkan sejak awal Oktober lalu menindaklanjuti Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 16/PRT/M/2017, tentang Transaksi Tol Nontunai di Jalan Tol.

Pada 1 Oktober terdapat empat ruas tol yang memulai penggunaan uang elektronik, yakni ruas Tol Surabaya-Gempol, Porong-Gempol, Gempol-Pandaan dan Gempol-Pasuruan.

Pada 6 Oktober, e-toll diterapkan di ruas tol Simpang Susun Waru-Juanda, meliputi Gerbang Tol (GT) Berbek 1 dan GT Tambak Sumur 1.

Lalu 10 Oktober, e-toll diberlakukan di seluruh GT ruas tol Surabaya-Gempol; 13 Oktober di ruas tol Simpang Susun Waru-Juanda, meliputi GT Tambak Sumur 2 dan GT Juanda. Ditambah di GT Kriyan, Surabaya-Mojokerto.

Baca juga : Perbaikan Kabel PLN yang Terbakar di Jembatan Suramadu Rampung

Pada 14 Oktober, e-toll berlaku di GT Penompo, Surabaya-Mojokerto dan 16 Oktober, di GT Waru 3, Surabaya-Mojokerto. Kemudian 17 Oktober, alat pembayaran elektronik ini dipakai di seluruh GT ruas tol Surabaya-Gempol dan ruas tol Surabaya-Gresik.

Selanjutnya 19 Oktober, e-toll diterapkan di GT Waru 4, Surabaya-Mojokerto. Pada 20 Oktober, di GT Menanggal dan Berbek 2, Simpang Susun Waru-Juanda dan 21 Oktober, di GT Waru 5, Simpang Susun Waru-Juanda.

Kemudian 23 Oktober, e-toll diberlakukan di GT Waru 6, Simpang Susun Waru-Juanda. 24 Oktober, di GT Sidoarjo 2 (Porong), Simpang Susun Waru-Juanda.

"Di tol Suramadu sebelumnya mulai banyak pertanyaan dari pengguna tol, hari ini mulai kita terapkan," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com