Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konstruksi Tol Pasuruan-Probolinggo Roboh, Dikabarkan Ada Korban Jiwa

Kompas.com - 29/10/2017, 17:35 WIB

PASURUAN, KOMPAS.com - Kapolres Pasuruan Kota AKBP Rizal Martomo mengatakan, terjadi kecelakaan kerja di pengerjaan Proyek Strategis Nasional (PSN) Tol Pasuruan – Probolinggo (Paspro) di Desa Cukurgondang, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan, Minggu (29/10/2017).

Dikutip dari Surya Online, Rizal menyebutkan, berdasarkan laporan dari anggotanya, jembatan itu roboh itu sekitar pukul 09.00 WIB.

"Saat ini anggota masih perjalanan ke lokasi kejadian. Saya belum dapatkan data detailnya,” kata Rizal.

Rizal menjelaskan, laporan awal menyebutkan bahwa memang ada korban dalam peristiwa ini. Namun, ia belum bisa memastikan berapa pekerja yang menjadi korban dari kejadian ini.

"Nanti kalau sudah ada info lebih lanjut akan saya kabari," ucap dia.

Soal kronologi, ia mengaku hanya menerima laporan sementara. Menurut dia, sebelum kejadian itu, pihak kontraktor sedang memasang jembatan untuk proyek Tol Paspro ini.

UPDATE: 
Berita Foto: Konstruksi Tol Pasuruan-Probolinggo Roboh
Kecelakaan Proyek Tol Pasuruan-Probolinggo, 1 Tewas dan 2 Luka-luka

"Tidak tahu kenapa, tiba-tiba, jembatan yang sudah terpasang itu katanya doyong dan roboh," ucapnya.

Konstruksi bangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) Tol Pasuruan – Probolinggo (Paspro) yang ambruk di Desa Cukurgondang, Grati, Pasuruan, Minggu (29/10/2017). Satu pekerja meninggal dunia, dua orang mengalami luka-luka dan empat kendaraan tertimpa ambruk. ANTARA FOTO/Umarul Faruq Konstruksi bangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) Tol Pasuruan – Probolinggo (Paspro) yang ambruk di Desa Cukurgondang, Grati, Pasuruan, Minggu (29/10/2017). Satu pekerja meninggal dunia, dua orang mengalami luka-luka dan empat kendaraan tertimpa ambruk.
Tol Paspro ini rencananya akan dibangun dengan panjang 31,3 kilometer. Pembangunannya ada tiga sesi. Untuk sesi satu, nantinya akan melewati Grati - Nguling sepanjang 8 km.

Sesi dua, perbatasan Nguling, Pasuruan - Sumberasih, Probolinggo sepanjang 6 Km. Kemudian, Sumberasih - Leces sepanjang 17,30 km.

Tol ini diperkirakan membutuhkan lahan sekitar 271 hektar dan atau sekitar 3.000 bidang. Nantinya, akan ada tiga simpang susun yakni Tongas, simpang susun Probolinggo Barat, Simpang Susun Leces.

Korban tewas

Rosyid, salah satu warga mengatakan, hingga saat ini, sudah ada dua korban yang berhasil dievakuasi dari peristiwa runtuhnya kontruksi bangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) Tol Pasuruan–Probolinggo (Paspro).

Dua korban itu, kata dia, satu kondisinya meninggal dunia dan satu korban lagi dalam kondisi mengalami banyak luka atau luka berat.

Menurut dia, keduanya merupakan pekerja dari kontraktor yang mengerjakan pembangunan Tol Paspro ini.

"Saya tidak tahu namanya. Kayaknya bukan orang sini. Mereka pekerja proyek tol ini," kata Rosyid.

Ia menjelaskan, dua korban ini sudah dievakuasi. Menurut dia, sudah ada tiga mobil ambulans yang datang ke lokasi kejadian.

(Galih Lintartika/Surya Online)
---
(Artikel ini telah tayang di Surabaya.Tribunnews.com dengan judul: "Konstruksi Tol Pasuruan-Probolinggo Ambruk - Begini Awal Mula Kejadian hingga Memakan Korban")

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com