Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulasan Lengkap Ditemukannya Janin di Perut Remaja Pria di Grobogan

Kompas.com - 27/10/2017, 07:14 WIB
Puthut Dwi Putranto Nugroho

Penulis

GROBOGAN, KOMPAS.com - Sebuah kejadian mengejutkan terjadi pada remaja pria asal Desa Panunggalan, Kecamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Di dalam perut Ganang Yudho Putra Duri (17), ada sebuah janin yang diduga saudara kembarnya sendiri. Bayi berjenis kelamin laki-laki berbobot 3 kilogram itu sudah dalam kondisi tak bernyawa.

Saat diangkat, janin itu memiliki organ manusia layaknya seorang bayi. Semula keberadaan janin terdeteksi setelah menjalani pemindaian melalui alat CT scan oleh tim medis.

"Mengetahui hasil yang tak terduga itu dokter langsung melakukan tindakan operasi. Ketika dikeluarkan, kondisi janin tersebut berupa bayi memiliki kaki, tangan, dan alat kelamin laki-laki," jelas Komandan Kodim 0717 Purwodadi, Letkol Arh Jan Piter Gurning, menirukan penjelasan tim medis, Kamis (26/10/2017).

(Baca juga : Penjelasan Rumah Sakit soal Bayi yang Ada di Dalam Perut Remaja Pria)

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan, dr Slamet Widodo mengatakan, dari hasil diagnosa dokter, kasus seperti ini dikenal dengan nama 'janin dalam fetu' atau varian teratoma matang, sejenis kanker di mana tumornya berkembang.

Proses pemisahan janin dalam kandungan yang gagal tumbuh, dan malah menyatu di dalam tubuh si bayi kembar yang lahir dengan sehat. 

"Jadi janin kembar itu ikut hidup ke dalam tubuh kembarannya yang sehat. Ini kondisi langka di dunia. Analisis Ganang memilik saudara kembar diperkuat dengan kakaknya yang kembar. Operasi ini sangat berisiko," tutur Slamet.

Ganang menjalani perawatan di ICU RSI Sultan Agung Semarang sejak Kamis, 19 Oktober 2017. Ganang kemudian menjalani operasi pada Selasa, 24 Oktober 2017.

Ganang yang berstatus pelajar SMA merupakan anak ketiga dari empat bersaudara pasangan Masduri dan Sri Munastatik. Ayah Ganang yakni Masduri adalah anggota Babinsa Jambon, Kodim 0717 Purwodadi berpangkat Serda.

(Baca juga : Bayi di Perut Remaja Pria Diduga Janin Kembarannya, Kasus Langka di Dunia)

Ganang memiliki kakak kembar dan satu adik perempuan. "Saat ini kondisi anak saya sudah sehat. Masih dirawat di RSI Sultan Agung Semarang," kata Ayah Ganang, Serda Masdiri.

Direktur Pendidikan RSI Sultan Agung Semarang, dr Ken Wirastuti meluruskan pemberitaan yang beredar di masyarakat. Ia menegaskan, tidak ada yang namanya seorang laki-laki melahirkan. 

"Itu pemberitaan yang tidak benar dan membodohi masyarakat. Kasus ini memang sangat langka," ungkapnya.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com