Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebulan Jadi TKW di Malaysia, Titik Tewas Kecelakaan

Kompas.com - 26/10/2017, 19:40 WIB
Muhlis Al Alawi

Penulis

MADIUN, KOMPAS.com - Titik Katiningsih, seorang tenaga kerja wanita asal Krunggahan, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun dilaporkan tewas dalam insiden kecelakaan maut di Malaysia. Bersama enam TKW lainnya, Titik tewas setelah bus yang ditumpanginya ditabrak bus lainnya saat berangkat kerja.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Madiun, Wijanto Djoko yang dikonfirmasi Kompas.com, Kamis ( 26 / 10 / 2017) membenarkan salah satu TKW asal Madiun itu tewas saat menumpang bus yang mengantarnya ke pabrik di Lebuh Utara Selatan, Pulau Penang, Malaysia, Selasa (24/10/2017) pagi.

"Almarhumah Titik baru berangkat satu bulan bekerja di Malaysia. Dia berangkat September 2017. Saat ini jenazahnya dalam proses pemulangan ke kampung halamannya," ujar Wijanto.

Wijanto mengatakan, informasinya jenazah Titik akan tiba di Madiun, Jumat (27/10/2017) pagi. Keluargapun sudah mempersiapkan upacara pemakaman begitu jenazah tiba.

Baca juga : KJRI Penang Tangani Evakuasi 7 WNI Korban Kecelakaan Bus

Dia mengatakan, Titik berangkat secara legal bekerja di Malaysia. Hanya saja, ia berangkat melalui Yogyakarta. Pasalnya perusahaan yang memberangkatkan cabangnya di Yogyakarta.

"Dari kartunya, Titik berangkat lewat Yogyakarta. Kalau perusahaannya pusatnya di Medan dan memiliki cabang di Yogyakarta, " ujar Wijanto.

Wijanto menambahkan biasanya TKW yang bekerja di luar negeri memiliki asuransi. Dengan demikian, keluarganya berhak mendapatkan dana asuransinya.

Kompas TV Sebanyak 39 warga negara Indonesia terlibat kecelakaan lalu lintas di Penang, Malaysia. 7 di antaranya meninggal dunia.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com