Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perahu TKI Ilegal Tenggelam di Perairan Johor Baru, 2 Orang Hilang

Kompas.com - 27/09/2017, 20:20 WIB
Sukoco

Penulis

NUNUKAN, KOMPAS.com – Sebuah video penyelamatan seorang wanita penumpang perahu yang tenggelam diduga seorang TKI oleh sekelompok pemancing Johor India Fishing Team beredar di media sosial.

Dari keterangan pengunggah video, perahu TKI ilegal tersebut tenggelam di perairan Tanjung Balau Johor Bahru Malaysia, Sabtu (23/9/2017).

Video diawali dengan aktivitas para penumpang kapal yang terlihat mencari korban lain yang terlihat mengapung menggunakan pelampung warna oranye.

Terlihat seorang korban perempuan yang yang diduga TKI ilegal dari Indonesia duduk di bagian belakang kapal dengan mengenakan pelampung ditanya oleh beberapa penumpang kapal.

Dengan bahasa Indonesia perempuan tersebut mengaku jika perahu yang ditumpanginya tenggelam pada pukul satu dinihari. Terdapat 5 penumpang di perahu tersebut.

Dari keterangan video yang diunggah di media sosial mereka menemukan korban pada Sabtu sekitar pukul 3 sore. Selain satu korban selamat, satu korban terlihat mengapung di tengah laut.

(Baca juga: Cerita TKI Harus Diamputasi Kakinya karena Terlindas Mesin di Taiwan)

Dari percakapan di video, para penumpang kapal enggan mengambil korban yang mengapung. Diduga korban telah meninggal.

Konsul Konsuler KJRI Johor Bahru Marsianda yang dihubungi Kompas.com mengatakan, korban yang terlihat di video yang diunggah di media sosial tersebut memang TKI dari Indonesia. Mereka merupakan TKI ilegal yang akan menuju ke Batam melalui jalur tikus.

"Tentunya tidak berdokumen makanya mereka lewat jalur belakang," ujarnya, Rabu (27/9/2017).

Marsianda menambahkan, dari 5 penumpang perahu yang mengalami naas tersebut 1 korban ditemukan meninggal, 2 korban ditemukan selamat dan 2 korban dilaporkan melarikan diri.

Korban meninggal berjenis kelamin perempuan tersebut masih dalam proses identifikasi oleh aparat Malaysia sementara 2 korban selamat masih dalam perawatan di rumah sakit.

"Kondisi 2 korban selamat dalam keadaan pemulihan karena luka bakar, efek dari terendam tumpahan bensin di laut," imbuhnya.

Saat ini, KJRI di Johor Bahru masih melakukan pemantauan terhadap penanganan kasus tersebut oleh aparat Negara Malaysia. Sementara itu, 2 korban selamat lainnya diduga melarikan diri belum diketahui keberadaanya.

 

 

Kompas TV Kebijakan Malaysia Deportasi Para Pekerja TKI Ilegal
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com