Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jatim Kejar Surplus 125 Triliun dari Perdagangan dalam Negeri

Kompas.com - 19/10/2017, 15:08 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Kinerja perdagangan antardaerah Provinsi Jawa Timur terus membaik sejak 5 tahun terakhir. Hingga akhir 2017, surplus perdagangan dalam negeri ditarget bisa tembus Rp 125 triliun.

"Hingga akhir 2017 kami optimis bisa surplus sampai Rp 125 triliun. Lebih tinggi dari 2016 yang hanya Rp 100 triliun," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Timur, M Ardy Prasetyawan, Kamis (19/10/2017).

Kinerja perdagangan dalam negeri Jatim sendiri di semester awal 2017 tercatat sebesar Rp 568 triliun lebih, dengan nilai bongkar atau barang masuk lebih dari Rp 244 triliun dan barang muat atau keluar senilai lebih dari Rp 324 triliun.

Dari aktivitas perdagangan dalam negeri 3 bulan pertama 2017, Jatim sudah membukukan nilai surplus hampir mencapai Rp 80 triliun.

Komoditas yang dikirim beragam, dari sembako seperti beras, minyak goreng, tepung dan terigu, serta produk-produk kerajinan dan pakaian. Pada 2016, provinsi DKI menjadi daerah tujuan perdagangan Jatim dengan nilai transaksi paling tinggi, yakni mencapai Rp 133 triliun lebih.

Jatim, kata Ardy, memang mengandalkan aktivitas perdagangan dalam negeri saat kinerja ekspor impor masih mengalami lesu. Bahkan, Jatim, kata dia, adalah satu-satunya provinsi yang sudah membangun sistem perdagangan antar-daerah di dalam negeri untuk mengoptimalkan hubungan dagang.

"Sejak 2010 sampai saat ini Jatim bangun kantor perwakilan dagang di 26 provinsi," jelasnya.

Baca juga: Ridwan Kamil dan Menteri Perdagangan "Blusukan" ke Pasar Kosambi

Selain sebagai pusat promosi produk Jatim, kantor perwakilan dagang juga memiliki fungsi "market intelligent" yang melaporkan aktivitas dan kebutuhan pasar provinsi tertentu.

"Kantor perwakilan dagang juga bisa sebagai penghubung nonkomersial, dan pusat data yang dibutuhkan kedua daerah," kata Saridi, koordinator Kantor Perwakilan Dagang Jatim di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Untuk mengoptimalkan fungsi kantor perwakilan dagang, juga aktif digelar pameran produk, dan fasilitasi jejaring pelaku usaha, serta pemanfaatan teknologi digital untuk misi dagang.

Kompas TV Keduanya membahas kerja sama bilateral kedua negara sebagai sesama anggota ASEAN.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com