Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.029 Personel Gabungan Bakal Amankan Kunjungan Jokowi di Sumut

Kompas.com - 12/10/2017, 19:27 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com -  Sebanyak 1.029 personel gabungan disiapkan untuk mengamankan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo selama dua hari ke Sumatera Utara pada 14-15 Oktober 2017 ini. Personel gabungan yang  terdiri dari 300 Polri, 669 TNI AD, dan 60 TNI AU mengikuti apel pasukan pengamanan RI-1 di Lapangan Benteng Medan, Kamis (12/10/2017).

Kapolda Sumatera Utara bersama Pangdam I/BB mengecek satu persatu kesiapan dari personil sejumlah perlengkapan baik kendaraan maupun senjata.

Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw meminta seluruh personel mematuhi semua aturan dalam menjalankan tupoksinya masing-masing. Dia meminta semua personel melaksanakan tugas dengan tanggung jawab dan komitmen tinggi hingga kegiatan berakhir.

"Kita ada untuk masyarakat. Jangan lengah dan tetap waspada terhadap apapun yang mungkin akan terjadi di lapangan," ujar Paulus, Kamis petang.

Baca juga: Jokowi Terbang ke Palembang Tinjau Tol Palindra

Dia meminta seluruh perwira mengenali personelnya masing-masing, berkoordinasi dengan Dandim dan Kapolres jajaran guna mengisi kekurangan personel.  "Kita doakan bersama agar kegiatan berjalan dengan lancar," kata Paulus.

Sementara Pangdam I/BB Mayjen TNI Cucu Somantri mengingatkan, soliditas TNI-Polri merupakan kunci menjaga stabilitas keamanan.

"Ini panggilan tugas kita sebagai prajurit TNI dan Polri, sesuai yang diamanatkan kepada kita. Terimakasih atas kekompakan dan kebersamaan yang sudah terjalin selama ini di Sumut. TNI-Polri solid," tegas Cucu.

Seperti diberitakan, Presiden Joko Widodo akan mengunjungi Sumatera Utara khususnya Kota Medan pada 14 dan 15 Oktober 2017. Agendanya adalah meninjau korban erupsi Gunung Sinabung di Desa Siosar, Kabupaten Karo, meresmikan proyek nasional yaitu dua jalan tol, dan membagikan sertifikat tanah kepada warga Kabupaten Deliserdang.

Pada Sabtu (14/10/2017) malam, dari informasi yang didapat Kompas,com, Presiden dan istri akan berada di Komplek Taman Setiabudi Medan yang merupakan kediaman calon besannya, untuk meninjau persiapan pesta pernikahan putrinya, Kahiyang Ayu dengan Muhammad Bobby Afif Nasution.

Pada Minggu (15/10/2017) sore, Presiden dan rombongan dijadwalkan kembali ke Jakarta.

Kompas TV Presiden menegaskan, jangan sampai persaudaraan sebangsa pecah hanya karena kontestasi pemilihan pemimpin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com