Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Bener Meriah Menangis usai Bongkar "Gubuk Mesum" di Lokasi Wisata Ali-ali

Kompas.com - 12/09/2017, 18:07 WIB
Kontributor Takengon, Iwan Bahagia

Penulis

BENER MERIAH, KOMPAS.com - Personel Satpol PP dan Wilayatul Hisbah Bener Meriah dibantu TNI dan Polri melakukan penertiban di lokasi wisata Ali-ali, Kecamatan Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah, Aceh, Selasa (12/9/2017) siang.

Penertiban itu dipimpin langsung oleh Bupati Bener Meriah Sarkawi dan wakilnya, Ahmadi bersama unsur Forkopimda setempat.

Dalam kesempatan tersebut, petugas membongkar ratusan gubuk yang terbuat dari atap rumbia yang diduga digunakan pasangan laki-laki dan perempuan yang belum menikah untuk berbuat mesum.

Keberadaan ratusan gubuk yang dibuat tertutup itu juga kerap membuat warga setempat resah.

Bupati Bener Meriah Ahmadi, kepada awak media, mengatakan, pembongkaran gubuk itu dilakukan untuk memperbaiki citra lokasi wisata Ali-ali yang harusnya menyesuaikan dengan kearifan lokal dan syariat islam yang diterapkan di daerah itu.

"Kita melakukan ini untuk ketentraman warga kita, untuk meluruskan opini negatif yang ada di tengah-tengah masyarakat terkait keberadaan lokasi wisata ini," kata Ahmadi.

Baca juga: Dilantik Jadi Bupati Bener Meriah, Ahmadi Disebut "Anak Ajaib"

Setelah itu, Ahmadi yang berada tepat di samping pemilik lokasi wisata tersebut menangis saat memberikan keterangan.

Menurutnya, apa yang dilakukannya bersama semua unsur yang terlibat dalam penertiban ini bukan mengharapkan pujian, juga sebagai bentuk pertanggungjawaban dirinya di hadapan Tuhan.

"Mudah-mudahan ini dapat menjadi asbab hidayah kepada orangtua kami pemilik wisata Ali-ali. Kami pemerintah daerah menjamin akan mengubah mindset terhadap tempat ini menjadi positif. Jadi kami meminta kepada masyarakat untuk berhenti berasumsi miring terhadap lokasi wisata Ali-ali, ini menjadi tugas bersama," ucapnya sembari berlinang air mata.

Berdasarkan pengamatan Kompas.com, sebelum operasi penertiban dilakukan, Ahmadi beserta wakilnya, Sarkawi, menemui pemilik lokasi wisata di lokasi untuk membicarakan rencana pembongkaran.

Baca juga: Polisi Sita Stiker Bergambar Palu Arit di Kabupaten Bener Meriah

Setelah disetujui oleh pemiliknya, sekitar 150 gubuk itu dibongkar oleh Personel Satpol PP dan WH. Wakil Bupati Bener Meriah Sarkawi turut serta membongkar satu persatu gubuk yang selama ini diduga dijadikan sarang maksiat oleh pengunjung lokasi wisata.

Sarkawi sendiri adalah mantan ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Bener Meriah.

Kompas TV Polisi Tangkap Penghina Presiden dan Kapolri di Medsos
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com