Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Berita Populer Nusantara: Anak Penggali Kuburan Sukses Jadi Dokter dan Kuliah S-3 hingga Keluarga Lapor Polisi karena Calon Menantu Juga Perempuan

Kompas.com - 06/09/2017, 07:49 WIB
Caroline Damanik

Penulis

KOMPAS.com - Cerita hidup Muhammad Sunardi yang berjuang dalam serba kekurangan untuk mewujudkan cita-citanya menjadi dokter disampaikan di depan ratusan pelajar SMA Negeri 1 Pegandon.

Anak dari penggali kubur ini tidak hanya sudah berprofesi sebagai dokter, namun juga akan melanjutkan studi doktoral di Kobe University Japan pada September 2017. Cerita yang dibagikannya menjadi pilihan pembaca sepanjang hari kemarin.

Sementara itu, dari Purworejo, Jawa Tengah, keluarga calon pengantin perempuan melaporkan calon menantunya ke polisi. Keluarga curiga karena calon suami anaknya memiliki fisik dan suara yang berbeda dari ciri laki-laki.

Berikut ini 5 berita terpopuler dari seantero Nusantara sepanjang hari kemarin yang tak boleh Anda lewatkan:

1. Calon Menantunya Ternyata Wanita, Keluarga Gadis Ini Lapor Polisi

Rencana pernikahan Wilis Setyowati (26), warga Desa Sidoleren, Kecamatan Gebang, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, gagal. Calon suaminya ternyata wanita.

Hal itu terungkap setelah keluarga Wilis curiga bahwa calon suami Wilis memiliki fisik dan suara yang tidak layaknya laki-laki. Calon suami Wilis itu mengaku bernama Pratama asal Desa Binong, Kota Tangerang, Jawa Barat.

Keluarga Wilis kemudian melaporkan Pratama ke kantor Polres Purworejo atas tuduhan pemalsuan identitas. Laporan tersebut dikuatkan dengan hasil pemeriksaan tim medis puskemas setempat terhadap Pratama.

"Hasil pemeriksaan tim medis diketahui bahwa calon mempelai pria ternyata wanita. Dia mengaku bernama Pratama, padahal nama aslinya Nova Aprida Avriani," ujar Kepala Polres Purworejo AKPB Satrio Wibowo melalui kepala Satuan Reskrim AKP Kholiq Mawardi, dikonfirmasi, Selasa (5/9/2017).

Baca selengkapnya di sini
Baca juga: Gaun Merah Pre-Wedding dan Balon I Love You Ikut Dikuburkan bersama Chatarina


2. Polisi Tetapkan Anggota DPRD Sebagai Tersangka Pembakaran 7 Sekolah

Seorang anggota DPRD Kalimantan Tengah, YB ditetapkan sebagai tersangka pembakaran 7 sekolah dasar di Kota Palangka Raya. Penetapan itu dilakukan setelah YB diperiksa polisi selama 12 jam.

"Yang bersangkutan, YB masih diperiksa, namun statusnya dari saksi kita tingkatkan menjadi tersangka dalam kasus pembakaran tujuh sekolah," kata Kabid Humas Polda Kalteng AKBP Pambudi Rahayu kepada pers, Senin (4/9/2017) malam.

Dia menyebutkan, penyidik masih mendalami peran YB dalam perkara tersebut. Selain YB ucap dia, Polda Kalteng juga menetapkan AG sebagai tersangka dalam kasus tersebut.

Baca selengkapnya di sini
Baca juga: 8 Sekolah Dibakar dalam Seminggu, Dua Pelaku Ditangkap


3. Kisah Anak Penggali Kuburan Capai Cita-cita Jadi Dokter dan Kuliah S-3 di Jepang

Meski hidup dengan kondisi ekonomi yang serba kekurangan, Muhammad Sunardi mampu mewujudkan cita-cita menjadi dokter.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com