Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Banyak Kepala Negara Kaget tentang Keberagaman Indonesia

Kompas.com - 01/09/2017, 10:48 WIB
Budiyanto

Penulis

SUKABUMI, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo menunaikan shalat Id dalam rangka Idul Adha 1438 Hijriah di Lapangan Merdeka, Kota Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (1/9/2017).

Kepada warga Sukabumi yang mengikuti shalat Id bersama, Jokowi mengingatkan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar. Indonesia terdiri dari 17.000 pulau, 714 suku dan lebih dari 1.000 bahasa daerah. Selain itu terdapat 516 kabupaten, kota dan 34 provinsi.

"Saya pernah menempuh perjalanan udara dari Banda Aceh hingga Wamena di Papua selama sembilan jam. Coba kalau jalan kaki, berapa bulan bisa ditempuh," ujarnya.

Jokowi mengungkapkan, dirinya selalu menyampaikan kebesaran dan keberagaman Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) kepada para pemimpin negara sahabat dalam setiap kesempatan.

"Banyak kepala negara sahabat yang kaget saat mendengarnya. Saya selalu sampaikan bahwa Indonesia adalah negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia," ungkap Jokowi.

(Baca juga: Presiden Jokowi Shalat Id dengan Warga Sukabumi)

Jokowi yang mengenakan kemeja putih dibalut jas hitam serta peci dan sarung hitam shalat di shaf atau jajaran paling depan bersama Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, dan Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz.

Selain itu, ada pula Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Kepala Kantor Staf Presiden Teten Masduki.

Shalat Idul Adha dua rakaat itu berlangsung khidmat dengan imam KH Mahfud Ghozali dengan khotib Prof. Dr. Deddy Ismatulah.

(Baca juga: Jokowi Minta, Jangan Gara-gara Pilkada Jadi Pecah dengan Tetangga)


 

Kompas TV Presiden menyatakan, aparat penegak hukum sudah seringkali melakukan operasi tangkap tangan. Tapi ironisnya, tetap ada saja pejabat yang berani menerima suap.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com