Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran Hanguskan Empat Rumah, Kerugian Capai Ratusan Juta Rupiah

Kompas.com - 26/08/2017, 18:37 WIB
Puthut Dwi Putranto Nugroho

Penulis

GROBOGAN, KOMPAS.com - Kebakaran besar terjadi di Desa Sukorejo, Kecamatan Tegowanu, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, pada Sabtu (26/8/2017) sekitar pukul 13.00 WIB.

Empat rumah berkonstruksi kayu ludes diamuk Si Jago Merah. Tidak ada korban jiwa dalam insiden kebakaran ini, namun kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Api begitu cepat meluluhlantakkan bangunan rumah, sehingga barang berharga yang ada di dalam rumah tidak sempat untuk diselamatkan.

Berdasarkan keterangan warga setempat, Kasmono, kepulan asap serta kobaran api semula muncul di atap rumah salah satu korban, yakni Japar. Japar bersama keluarganya diketahui tengah pergi berziarah.

Api kemudian menjalar ke tiga rumah lain yang letaknya berdekatan, yaitu milik Suminah, Ari dan Wartoyo. Saat itu mereka sedang berada di dalam, kemudian berlari berhamburan keluar rumah.

"Terdengar bunyi ledakan beberapa kali. Setelah kami keluar, kami melihat rumah Pak Japar kebakaran," ucap Kasmono.

"Kami berupaya memadamkan api, namun api terus membakar rumah lain. Barang-barang tak sempat diselamatkan," dia.

Api berhasil dijinakkan setelah dua unit kendaraan pemadam kebakaran (damkar) didatangkan ke lokasi kejadian. Setelah sekitar dua jam petugas bekerja, api pun padam.

Empat unit rumah rata dengan tanah. Hanya tersisa puing-puing bangunan yang telah menjadi arang.

Kapolsek Tegowanu, AKP Bambang mengatakan, hasil penyelidikan sementara oleh kepolisian, kebakaran diduga akibat korsleting listrik yang bersumber dari rumah Japar. Kini para korban terpaksa harus mengungsi ke tempat saudaranya.

"Kami imbau warga untuk mewaspadai kebakaran saat meninggalkan rumah. Kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah," kata Bambang.

(Baca juga: Tim Labfor Polri Cari Penyebab Kebakaran Pasar Kaliwungu Kendal)

Kompas TV Kebakaran Terjadi di Grogol Selatan
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com