Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Pesawat Tempur T-50i di Upacara Hari Bakti TNI AU di Kupang

Kompas.com - 29/07/2017, 08:47 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - upacara peringatan hari bakti TNI Angkatan Udara (AU) di Pangkalan Udara El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (29/7/2017) pagi, berlangsung dengan latar belakang tiga unit pesawat tempur jenis T-50i Golden Eagle dan satu unit helikopter Puma.

Upacara itu dipimpin langsung oleh Komandan Pangkalan Udara El Tari Kupang, Kolonel Pnb Ronny Irianto Moningka dan dihadiri oleh Kapolda NTT Irjen Polisi Agung Sabar Santoso dan sejumlah pejabat lainnya.

Komandan Pangkalan Udara El Tari Kupang Kolonel Pnb Ronny Irianto Moningka mengatakan, pesawat tempur buatan Korea Selatan akan beroperasi di wilayah udara NTT khususnya Kota Kupang dan sekitarnya selama satu bulan. Selain itu, tiga pesawat yang diproduksi tahun 2012 itu, akan dibantu dengan satu unit helikopter tempur jenis terbaru.

"Keberadaan mereka di sini untuk pengamanan wilayah udara bagian timur. Tiga pesawat tempur dan helikopter ini akan melaksanakan pengamanan alur laut kepulauan dari pesawat atau kapal asing yang tidak memikili izin," ucap Ronny.

Baca juga: Perbatasan Australia-Timor Leste-NTT Dijaga 3 Pesawat Tempur

Menurut Ronny, pesawat tempur yang bermarkas di Madiun, Jawa Timur itu, melaksanakan operasi mulai 24 Juli hingga 24 Agustus 2017 mendatang.

"Untuk jangkauan operasi pesawat ini sampai ke wilayah selatan, tepatnya di perbatasan Australia dan juga di utara yang berbatasan dengan Timor Leste," katanya.

"Dengan adanya tiga pesawat tempur ini tentu sudah cukup untuk menangkal dan melaksanakan pengamanan di wilayah udara NTT. Ketiga pesawat ini akan stay di wilayah Lanud El Tari Kupang," tambahnya.

Ronny berharap, dengan adanya pesawat tempur dan helikopter itu, pelanggaran udara di wilayah Indonesia tidak ada. Begitupun dengan pemanfaatan wilayah udara dengan cara ilegal bisa dihilangkan.

Kompas TV Akrobat Wing Walking Hebohkan China Fly Air Show
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com