Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prajurit TNI dan Warga Panen Perdana Padi Gogo di Perbatasan RI-PNG

Kompas.com - 16/07/2017, 07:25 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

PAPUA, KOMPAS.com - Satgas Yonif 405/Surya Kusuma dan Kelompok Tani Anren melakukan panen padi gogo di Kampung Imko, Distrik Mindiptana, Kabupaten Boven Digoel, Sabtu (15/07/17). Daerah ini berbatasan dengan Papua Nugini.

Sejak ditugaskan pertama kali Februari 2017 lalu, Satgas Pamtas dari Kodam IV/Diponegoro ini langsung mengambil gebrakan dengan melancarkan program ketahanan pangan yang diwujudkan melalui pemanfaatan lahan kosong menjadi lahan padi gogo.

Program ketahanan pangan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat ini, kini telah membuahkan hasil.

Rasa bangga dan bahagia dari Kelompok Tani Anren beserta masyarakat tampak terlihat ketika melakukan panen padi gogo di Kampung Imko, Distrik Mindiptana, Kabupaten Boven Digoel, Sabtu (15/07/17).

"Padi gogo yang ditanam di lahan seluas satu hektar ini, merupakan inisiatif anggota Pos Imko Satgas Yonif 405/SK, mulai dari membuka lahan, menanam padi gogo dan merawatnya hingga panen sekarang ini," ungkap Ketua Kelompok Tani Anren, Daniel.

Ia mengakui, dengan adanya bantuan pemikiran dan tenaga dari anggota Satgas Yonif 405/SK dalam menanam dan merawat padi gogo ini, hasilnya menjadi lebih baik dan meningkat. "Kami sangat senang dan berterima kasih," ujarnya.

Komandan Satgas Yonif 405/SK, Letkol Inf Diantoro mengungkapkan bahwa Satgas Yonif 405/SK akan terus memberikan kontribusi terbaik untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat daerah perbatasan RI-PNG.

Pihaknya berharap, dengan adanya panen raya padi gogo perdana di Kampung Imko ini, diharapkan masyarakat Kabupaten Boven Digoel akan tergerak untuk memanfaatkan lahan kosong menjadi lahan yang produktif. "Lahan kosong bisa bermanfaat guna mendukung ketahanan pangan," kata Diantoro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com