Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Australia Korban Kapal Terbakar di Maumere Alami Luka Parah

Kompas.com - 14/07/2017, 23:34 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

MAUMERE, KOMPAS.com - Longhurst Mark Aidan (55), warga Australia yang melompat dari kapal yacht Next Chapter beberapa saat setelah kapal itu terbakar, hingga saat ini masih menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Tc Hillers Maumere, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kepala Bidang Humas Polda NTT, Kombes Jules Abraham Abast mengatakan, Longhurst Mark Aidan menderita luka parah sehingga masih dirawat.

"Untuk suaminya (Longhurst Mark Aidan) menjalani rawat inap di RSUD Tc Hillers Maumere karena menderita luka bakar di telapak tangan kanan dan saat ini didampingi istrinya, Olds Jennie Lee (47)," kata Jules kepada Kompas.com, Jumat (14/7/2017) malam.

Baca juga berita terkait: Kapal Pesiarnya Kebakaran, Warga Australia Loncat ke Laut

Menurut Jules, untuk penyebab kebakaran sampai saat ini masih dalam penyelidikan polisi. Kapal yang teebakar itu hangus dan tenggelam.

Pasangan suami istri itu berangkat dari Bali dengan tujuan Timor Leste. Keduanya sempat singgah di Maumere untuk melapor diri ke petugas dan bermaksud untuk bermalam.

Sebelumnya diberitakan, sebuah kapal kapal pesiar bernama "Next Chapter" terbakar saat berlabuh di sekitar 200 meter sebelah barat dermaga baru Pelabuhan Laut Lorens Say Maumere, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (14/7/2017).

Kapal tersebut ditumpangi oleh sepasang suami istri warga negara asal Australia, yakni Longhurst Mark Aidan (55) dan Olds Jennie Lee (47).

Kepala Bidang Humas Polda NTT, Kombes Jules Abraham Abast mengatakan, kejadian itu bermula saat Olds Jennie Lee turun dari kapal dan berangkat menuju kantor Imigrasi Maumere untuk melapor diri terkait keberadaan mereka.

"Saat kapal bersandar, istrinya turun melapor, sedangkan sang suami berada di atas kapal," ucap Jules.

Menurut Jules, Longhurst Mark Aidan yang sedang berada di atas kapal melihat ada api yang sudah berkobar dari bagian dapur kapal dan mulai menghanguskan bagian belakang kapal.

 Baca juga: Kapal Berpenumpang 21 Orang Terbalik di Laut Selatan Kebumen, 1 Orang Hilang

Karena panik, Mark langsung menyelamatkan diri dengan melompat ke laut dan ditolong oleh warga dengan menggunakan perahu yang ada di lokasi tersebut.

"Longhurst Mark Aidan kemudian dilarikan menuju ke Rumah Sakit Umum (RSU) Tc Hilers Maumere guna mendapat perawatan medis," tutupnya.

Kompas TV Kapal Kargo pengangkut Kontainer Terbakar saat berlayar
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com