Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lapas Kerobokan Dalami Dugaan Keterlibatan Orang Dalam atas Kaburnya 4 Napi Asing

Kompas.com - 07/07/2017, 18:19 WIB
Kontributor Bali, Robinson Gamar

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kerobokan, Denpasar, Tony Nainggolan mengatakan, pihaknya terus mendalami keterlibatan orang dalam atas kaburnya 4 napi asing. Orang dalam yang dimaksud baik sipir lapas maupun warga binaan.

Hal ini dikatakan Tony Nainggolan seusai menerima kunjungan rombongan Komisi III DPR RI ke Lapas Kerobokan, Jumat (7/7/2017).

Tony mengatakan, proses penyelidikan ini akan melibatkan pihak kepolisian.

"Kita terus mendalami keterlibatan orang dalam," kata Nainggolan.

Baca juga: Ini Identitas 4 Napi Asing yang Kabur dari Lapas Kerobokan Denpasar

Menurutnya, pihak kepolisian telah memeriksa sipir dan 7 warga binaan. Awalnya, ada lima warga binaan yang diperiksa, disusul kemudian dua orang. Semuanya diperiksa polisi di Lapas Kerobokan.

Namun seperti apa hasil pendalamannya, Tony belum berani bicara karena menunggu hasil kerja pihak kepolisian.

Menurutnya, jika terbukti ada petugas yang terlibat, dirinya tidak akan segan-segan untuk memprosesnya lebih lanjut. Baik diproses di internal maupun secara hukum.

"Kalau ada keterlibatan petugas kita tidak akan segan-segan proses secara hukum," ujarnya.

Selain mendalami keterlibatan orang dalam, pihaknya juga melakukan evaluasi. Selama ini, sipir konsentrasi pada pengawasan plafon, pintu dan teralis. Ternyata lapas kabur lewat jalur bawah tanah.

Untuk diketahui, empat narapidana asing kabur dari Lapas Kerobokan, Denpasar pada Senin (19/6/2017) pagi. Mereka kabur dengan cara menggali terowongan berukuran 50x75 cm dengan panjang kurang lebih 15 meter.

Adapun identitas keempat narapidana tersebut adalah Shaun Edward Davidson (33), pria, warga Negara Australia; Dimitar Nikolev Iliev alias Kermi Bin Alm Nikola Ilev, pria, berkebangsaan Bulgaria.

Kemudian Kemudian Sayed Mohammed Said (31), pria, warga Negara India serta Tee Kok King Bin Tee Kim Sai (50), warga negara Malaysia. Dua napi, yaitu Dimitar Nikolev Iliev dan Sayed Mohammed Said ditangkap di Timor Leste pada Kamis (23/6/2017) lalu.

Baca juga: 2 Napi Asing yang Kabur dari Lapas Kerobokan Tertangkap di Timor Leste

Sedangkan Shaun Edward Davidson dan Tee Kok King Bin Tee Kim Sai belum tertangkap.

Kompas TV 2 WNA yang Kabur dari Lapas Bali Ditangkap Polisi
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com