Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalah Bersaing dengan Swasta, SDN di Bali Ini Hanya Dapat 2 Siswa

Kompas.com - 06/07/2017, 20:39 WIB

BALI, KOMPAS.com - Sekolah Dasar Negeri 1 Blimbingsari, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali, hanya mendapatkan dua siswa baru untuk kelas I tahun ajaran 2017/2018. Sedikitnya peminat ini dikarenakan SD tersebut kalah bersaing dengan SD swasta.

"Di sekitar SDN itu ada SD swasta. Lebih banyak murid yang mendaftar ke SD swasta," kata Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda Dan Olahraga Jembrana I Putu Eka Suarnama, di Negara, Kamis (6/7/2017).

Ia mengatakan, di Kabupaten Jembrana ada 182 SD negeri. Selain SDN Blimbingsari ada beberapa sekolah yang kekurangan murid karena kalah bersaing dengan sekolah swasta maupun madrasah ibtidaiyah saat penerimaan murid baru.

Sekolah yang kekurangan murid tersebut di antaranya SD di Kelurahan Loloan Timur. "Tapi banyak juga SDN yang jumlah muridnya sampai dua kelas, seperti di Kelurahan Baler Bale Agung dan Desa Pengambengan," tuturnya.

(Baca juga: Sekolah Dilarang Buat Tes Baca untuk Masuk SD)

Mengenai SDN yang muridnya sangat sedikit, I Putu Eka mengaku akan dikaji Disdik. Salah satu kajiannya tentang kemungkinan untuk digabung. Meskipun dari sisi aturan, setiap desa harus ada satu SD negeri.

Kepala SDN 1 Blimbingsari Nengah Bagia Laksana mengatakan, minimnya murid yang mendaftar di sekolah itu terjadi setiap tahun ajaran baru.

"Padahal kami memiliki kelas yang cukup untuk satu rombongan belajar di masing-masing kelas. Tapi, masih ada waktu hingga masuk pertama hari Senin. Kami masih berusaha agar jumlah murid kelas I bisa bertambah," tutupnya.

Kompas TV Bocah SD di Wonosobo Ini Baca Puisi Untuk Presiden
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com