Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seekor Lumba-Lumba Ditemukan Mati di Pantai Mengare

Kompas.com - 03/07/2017, 12:39 WIB
Hamzah Arfah

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com – Seekor lumba-lumba berukuran sekitar 2 meter ditemukan mati di pinggir Pantai Mengare, tepatnya tak jauh dari pos nelayan Tajung Kemuken, Dusun Karangliman, Desa Kramat, Kecamatan Bungah, Gresik, Jawa Timur.

Dari pantauan, kondisi lumba-lumba yang terdampar tersebut sudah menggelembung dengan isi perut beberapa sudah terburai keluar. Baunya juga sudah tak lagi sedap.

“Sebenarnya saya sudah ketemu dengan ikan itu kemarin, posisinya agak di tengah (laut). Mungkin kena air pasang, jadi sekarang terdampar di sini,” ujar salah seorang nelayan desa setempat, Kamil (43), Senin (3/7/2017).

Menurut Kamil, dirinya maupun para nelayan setempat memang beberapa kali menemukan ikan seperti lumba-lumba itu saat menjalankan profesinya menangkap ikan di tengah laut.

“Kalau warga di sini, bisa menyebutnya ikan kempus, bukan lumba-lumba. Beberapa kali juga saya maupun mungkin nelayan lain di sini melihat saat di tengah, kadang berjumlah empat atau tiga. Tapi itu tidak bisa dipastikan, belum tentu juga dalam satu tahun bisa ketemu,” ungkapnya.

Pantai Mengare langsung berbatasan dengan laut bebas, yang berhadapan dengan Pulau Madura. Para warga di sana juga mayoritas menggeluti profesi sebagai nelayan dan petambak, yang biasa pula mencari ikan sampai ke perairan Pulau Madura.

“Tak hanya model seperti itu. Tapi kami juga sempat menjumpai model lain, seperti ikan Hiu Tutul dan sejenisnya. Malah kadang ada juga yang tersangkut dijaring. Tapi biasanya kami lepas kembali, karena ikan-ikan besar itu malah merusak jaring,” kata Abdul Wakid (61), salah seorang nelayan Dusun Karangliman.

Wakid mengatakan, kejadian terdamparnya ikan lumba-lumba di Pantai Mengare sebenarnya bukan pertama kali ini terjadi. Karena sebelumnya, sempat juga terjadi kejadian yang sama meski sudah berlangsung puluhan tahun lalu.

“Sempat juga, tapi itu sudah lama. Sekitar tahun 1990-an lalu. Saat itu bukan ikan seperti ini, tapi (Hiu) Tutul dengan ukuran yang lebih besar. Sama juga, kebawa air pasang dan terdampar di pantai,” ungkap Wakid.

Sebelumnya, seekor Hiu Tutul sepanjang empat meter juga sempat terdampar di Perairan Gresik, pada bulan lalu, tepatnya ditemukan para nelayan di Kelurahan Kroman, Gresik dan sempat menjadi tontonan warga sekitar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com