Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lumba-lumba Ditemukan Mati di Pantai Manikin

Kompas.com - 27/01/2017, 22:38 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Seekor lumba-lumba yang mati dan terdampar di Pantai Manikin, Kelurahan Tarus, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), menjadi tontonan warga setempat.

Masyarakat yang menemukan bangkai lumba-lumba itu kemudian melapor kepada instansi terkait untuk melakukan proses evakuasi.

Kepala Bidang Teknis Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) NTT, M Zaidi kepada Kompas.com, Jumat (27/1/2017) malam, mengatakan, setelah menerima informasi dari masyarakat, pihaknya langsung turun ke lokasi.

"Lumba-lumba (famili Delphinidae) itu terdampar di Pantai Manikin dalam keadaan mati dan masyarakat melihat lumba-lumba terdampar pada pagi hari (subuh). Panjang lumba-lumba itu yakni 195 sentimeter," jelas Zaidi.

Lumba-lumba itu, lanjut Zaidi, kemudian dibawa dan diamankan oleh warga dan sejumlah instansi terkait ke kantor BBKSDA NTT.

Menurut Zaidi, pihaknya belum mengetahui persis penyebab matinya lumba-lumba itu. Namun Kemungkinan matinya di tengah laut dan dibawa ombak ke pantai.

"Lumba-lumba itu sudah kita kubur tadi sore, karena baunya sudah mulai membusuk," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com