Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar Sebut Kecelakaan Bus Rosalia Tanggung Jawab Pemprov Jateng

Kompas.com - 28/06/2017, 12:40 WIB
Iqbal Fahmi

Penulis

PURBALINGGA, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meninjau langsung lokasi kecelakaan maut bus Rosalia Indah di jalur Bayeman, Desa Tlahab Lor, Kecamatan Karangreja, Purbalingga, Rabu (28/6/2017).

Dalam tinjauannya tersebut, Ganjar menilai, jika infrastruktur penunjang seperti marka kejut (polisi tidur) dan jalur penyelamat ada di titik rawan, tragedi kecelakaan yang terjadi tepat di H-1 lebaran itu dapat dihindarkan.

"Ini memang tanggung jawab kami, karena ini jalur provinsi, kami akan berkoordinasi dengan instansi samping untuk merealisasikan marka kejut dan jalur penyelamat di titik-titik yang rawan," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Unit Laka Satlantas Polres Purbalingga, Iptu R Manggala Agung SM SIK mengatakan, fatalitas kecelakaan bus Rosalia Indah yang menewaskan empat penumpang, Sabtu (24/6/2017) yakni karena tidak adanya guard rail atau pagar pengaman di bibir jurang.

(Baca juga: Bus Rosalia Indah Terjun ke Jurang, Warga Dengar Dentuman dan Rintihan Minta Tolong)

"Jika saja di bahu jalan yang berbatasan langsung dengan jurang itu dipasang guard rail, mungkin tidak sefatal ini kejadiannya," ujarnya.

Untuk itu, Manggala yang mendampingi langsung Gubernur Ganjar di lokasi, meminta agar secepatnya ada pemasangan guard rail di titik-titik yang berbatasan langsung dengan jurang di sepanjang jalur tengkorak tersebut.

(Baca juga: Daftar Korban Tragedi Bus Rosalia Indah di Bayeman Purbalingga)

Diberitakan sebelumnya, bus patas eksekutif Rosalia Indah dengan nomor polisi AD 1505 AU jurusan Jakarta-Yogyakarta terjun ke dalam jurang di ruas Jalan Bayeman, tepatnya di RT 1 RW 9 Desa Tlahab Lor, Kecamatan Karangreja, Purbalingga, Jawa Tengah, Sabtu (24/6/2017) pukul 03.00 WIB.

Empat penumpang dilaporkan meninggal dunia, sedangkan 36 orang lainnya termasuk 1 sopir dan 1 awak bus mengalami luka-luka dan dilarikan ke rumah sakit.

Kompas TV Terjun ke Jurang di Purbalingga, Bus Ini Rusak Parah
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com