Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

H-3, Tol Gratis Batang-Semarang Masih Ramai Lancar

Kompas.com - 22/06/2017, 21:54 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Memasuki H-3 Lebaran, kendaraan dari arah Jakarta dan sekitarnya terus membanjiri wilayah Jawa Tengah.

Sebagian kendaraan terpantau memasuki jalan Pantura, sebagian lainnya menggunakan jalan tol fungsional dari Brebes hingga Grinsing.

Dalam catatan PT Jasa Marga Semarang-Batang, jalur tol gratis Batang-Semarang pada H-3 Lebaran masih ramai lancar.

Lalu lintas kendaraan di jalur itu pada pukul 13.00 WIB hingga 14.00 WIB terpantau dilintasi 200 kendaraan per 15 menit atau 800 kendaraan per jam. Angka itu menurun jika dibanding dengan H-4 kemarin dimana titik puncak mencapai 350 kendaraan per 15 menit atau 1.400 kendaraan per jam.

"Lalu lintas yang melintasi jalan darurat dari Batang menuju Gringsing masih terlihat normal," kata Kepala Humas PT Jasamarga Semarang Batang Iwan Abdianto, Kamis (22/6/2017).

(Baca juga: Minimalisasi Debu, Tangki Air Sirami Tol Batang-Semarang Tiap Hari)

Sementara itu, di pintu keluar Tol Grinsing terpantau ramai lancar. Di titik Exit Grinsing terpantau setidaknya 389 kendaraan per 15 menit atau 1.536 per jam.

"Volume lalu lintas di Exit Grinsing cenderung ramai dan lancar," kata dia.

Iwan memperkirakan, jalur tol fungsional akan lebih padat dilalui pemudik, terutama mendekati hari H Lebaran.

PT Jasa Marga memprediksi arus puncak arus terjadi pada hari H-2. Kepada para pemudik, diimbau untuk menaati rambu di tol fungsional. Jika lelah, pemudik diminta untuk beristirahat di rest area yang dipersiapkan.

"Bagi pengguna jalan untuk berhati-hati dan tetap mematuhi rambu rambu lalu lintas, serta patuh terhadap petunjuk petugas di lapangan dan terus mengantisipasi perjalanan melalui call center kami di 14080," paparnya.

Jalan tol gratis Batang-Semarang ini ada lima pintu keluar. Pintu keluar yang disiapkan yaitu Exit Kandeman, Exit Kedungsegoro, Exit Banyuputih, Exit Mentosari, dan Exit Grinsing.

Pengelola tol juga menyediakan tempat peristirahatan atau rest area bagi pemudik di wilayah Kabupaten Batang.

Ada rest area yang disiapkannya di jalur fungsional sepanjang 36,45 kilometer itu. Rest area dilengkapi poliklinik dinas kesehatan, lalu SPBU Portabel, mushala dan toilet.

Empat tempat istirahat itu antara lain Rest Area Desa Juragan di Sta 381+100; rest area Desa Gondang di Sta 391+400; rest area Desa Ketanggan di Sta 402+700; dan rest area Desa Lebo di Sta 409+400.

 

Kompas TV Banyaknya debu akibat cor beton yang jadi dasar jalur tol Brebes-Pemalang membuat jarak pandang pemudik menjadi berkurang.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com