Mulai Senin, Pemudik Bisa Lewati Tol Gempol-Bangil Gratis - Kompas.com

Mulai Senin, Pemudik Bisa Lewati Tol Gempol-Bangil Gratis

Kontributor Pasuruan, Moh. Anas
Kompas.com - 18/06/2017, 23:00 WIB
KOMPAS.com/Moh.Anas Rombongan Bupati Pasuruan dan PT Transmarga Jawa Timur Pasuruan saat melakukan pengecekan jalan Tol Gempol Bangil yang siap digunakan pemudik pada menjelang mudik lebaran tahun 2017.

PASURUAN, KOMPAS.com - Pemudik bisa menggunakan Tol Gempol-Pasuruan (Gempas) Seksi 1 A atau Gempol - Bangil secara gratis mulai Senin (19/6/2017).

Tol itu dioperasikan setelah PT Transmarga Jawa Timur Pasuruan selaku selaku pemegang kontrak pengerjaan Tol Gempas mengerjakan semua kontruksi jalan.

Hal tersebut disampaikan Direktur Utama PT Transmarga Jawa Timur Pasuruan, Agus Purnomo saat melakukan pengecekan kesiapan jalan tol bersama Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf Kabupaten Pasuruan, Minggu (18/6/2017).

Agus menjelaskan, pada awal Juni lalu, semua kontruksi jalan sudah lengkap. Hanya, jalan tol ini belum mendapatkan surat rekomendasi laik jalan.

Pihaknya baru mengajukan uji kelayakan ke Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Korlantas Polri, PU Bina Marga, dan instansi terkait lainnya.

"Status jalan tol Gempas Seksi 1 A, Gempol-Bangil ini dioperasikan, tapi sifatnya fungsional. Maka jalan ini kami buka H-7 sampai H+7 khusus untuk arus mudik. Setelah arus mudik selesai jalan ini, kami tutup kembali," terangnya.

Saat disinggung soal keamanan bagi pengendara terkait fasilitas tol, Agus menegaskan, pihaknya sudah memastikan tidak ada masalah. Seluruh syarat sudah dilengkapi.

"Jadi mulai dari Lampu, marka pembatas jalan, PJR, ambulan, petugas jalan tol sudah ada semuanya. Jadi, jangan khawatir, jalan ini sudah berstandar dan aman dilewati," paparnya.

Sementara itu, Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf menyambut baik beroperasinya Tol Gempas di Seksi 1A tersebut.

Pemudik yang turun dari Tol Gempol dapat langsung ke pintu gerbang pintu Tol Rembang.

Kemacetan biasa terjadi di jalur pantura yang melintasi Kota Bangil.

"Jadi pemudik dari arah Surabaya yang ingin meneruskan perjalannya ke Probolinggo tak perlu melintasi titik keramaian, seperti di daerah Bangil. Langsung saja meneruskan masuk Tol Gempol-Rembang," terangnya.

Tol Gempol-Rembang ini merupakan bagian dari pembangunan Tol Gempol-Pasuruan (Gempas) dengan panjang 37,15 km.

Untuk pembangunannya terbagi dari tiga seksi, yakni ruas tol Gempol-Rembang atau seksi 1A (Gempol-Bangil) dan seksi 1B (Bangil-Rembang) sepanjang 16,9 km.

Seksi 2 Rembang-Pasuruan sepanjang 8,1 km dengan progres pengerjaan 20 persen. Sedangkan seksi 3 Pasuruan-Grati sepanjang 12,15 KM yang baru dalam proses pembebasan lahan.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisKontributor Pasuruan, Moh. Anas
EditorSandro Gatra
Komentar