Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Al Quran Salah Cetak, Surat Al-Kahfi Ada di Juz 10

Kompas.com - 14/06/2017, 16:20 WIB
Ahmad Faisol

Penulis

PROBOLINGGO, KOMPAS.com - Ketua Rabithah Ma’hid Al-Islamy (RMI) NU Kota Probolinggo, Abdul Aziz, menemukan kesalahan cetak pada mushaf Al Quran. Mushaf ini tersebar luas di tengah masyarakat.

Aziz mengatakan, kesalahan cetak itu dia temukan saat membaca juz ke 10 Al Quran. Surat Al Kahfi yang semestinya berada di juz 16, malah berada di juz 10. Surat itu menggantikan posisi Surat Al Anfal dan At Taubah di juz 10.

“Juz 10 semestinya isinya surat Al Anfal dan At Taubah. Sedang surat Al Kahfi yang benar pada Juz 16,” tuturnya, Rabu (14/6/2017).

(Baca juga: Melihat Al Quran Tulisan Tangan Pangeran Diponegoro di Menoreh)

 

Ia yakin jika masyarakat awam yang membacanya, kesalahan itu tidak terdeteksi. Setelah mendapati kesalahan cetak isi Al Quran, dia kemudian melihat pada tiap-tiap sampul juz mushaf Al Quran, tertera tulisan ‘Terbitan Menara Kudus’ dalam bentuk huruf Arab.

Selanjutnya, Aziz mengimbau masyarakat yang memanfaatkan momentum puasa Ramadhan dengan tadarus Al Quran, diharapkan lebih teliti dengan mengamati kesalahan cetak yang mungkin terjadi.

 

“Tak hanya pembeli, penjual juga harus teliti. Mushaf harus sudah di-tashih lembaga yang berwenang sebelum diedarkan,” ujar pria yang juga Ketua Komisi A DPRD setempat.

(Baca juga: Kami Tidak Bisa Melihat tetapi Bisa Membaca Al Quran)

 

Pihaknya berharap kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Probolinggo menarik mushaf yang salah cetak, dan melaporkannya ke pusat. 

Kompas TV Isi Waktu Libur Sekolah dengan Lomba Tahfidz Quran
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com