Kapal Perang dan Prajurit TNI AL Jaga Pembangunan Suar Karang Unarang di Ambalat - Kompas.com

Kapal Perang dan Prajurit TNI AL Jaga Pembangunan Suar Karang Unarang di Ambalat

Kontributor Nunukan, Sukoco
Kompas.com - 09/06/2017, 13:17 WIB
Dokumentasi TNI AL Kapal perang dan personel TNI AL turut mengawasi pembangunan mercusuar di perairan ambalat Karang Unarang. Pembangunan suar yang difungsikan sebagai tanda batas perairan antar negara dan sebagai pemandu kapal yang melintas di perairan Karang Unarang diperkirakan akan selesai pada bulan Agustus mendatang.

NUNUKAN, KOMPAS.com - Kapal perang dan personel dari Pangkalan TNI AL di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, menjaga pembangunan menara suar di perairan ambang batas laut (Ambalat) Karang Unanarang.

Komandan Pangkalan TNI AL Letkol Laut (P) Ari Aryono mengatakan, TNI AL Nunukan setiap hari mengirim 2 prajuritnya mengawal tongkang yang digunakan dalam pembangunan menara suar di perairan Karang Unarang.

“Tiap hari ada 2 orang yang jaga di tongkang, nanti 2 hari diganti orang. Kita di-back up juga oleh KRI. KRI berada di seputaran Karang Unarang,” ujarnya, Jumat (9/6/2017).

Baca juga: TNI AL Gelar Operasi Cegah "Illegal Fishing" dan Perompakan di Ambalat

Ari Aryono menambahkan, rencananya pembangunan suar Karang Unarang rampung pada Agustus mendatang. Pekerjaan pembangunan menara suar di perairan ambalat Karang Unarang saat ini telah menyelesaikan pemasangan 8 tiang pancang.

“Kegiatan saat ini sedang penyiapan material persiapan untuk pengecoran. Jadi mereka menggunakan tongkang mangku satu untuk melaksanakan kegiatan itu,” imbuh Ari Aryono.

Pembangunan suar Karang Unarang, selain sebagai tanda tapal batas perairan antar-negara, juga untuk memandu kapal yang berlayar di seputar perairan Karang Unarang.

Pengawalan kemanana oleh TNI AL dalam pembangunan suar Karang Unanrang untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti pada pembangunan suar Karang Unarang pada tahun 2005 lalu.

Baca juga: Mulai Rusak, Pos Perbatasan di Karang Unarang Akan Direnovas

Pembangunan menara suar Karang Unarang di perbatasan Indonesia-Malaysia pada saat itu sempat membuat hubungan kedua negara memanas karena adanya manuver dari kapal perang Malaysia yang sempat memaksa pekerja menghentikan pembangunan.

Kompas TV Cegah ISIS, Aparat Jaga Perbatasan Indonesia-Filipina

PenulisKontributor Nunukan, Sukoco
EditorFarid Assifa
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM