Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Anas dan Ulama Berdoa demi NKRI di Tepi Pantai Bangsring

Kompas.com - 07/06/2017, 09:20 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Bupati Banyuwang Abdullah Azwar Anas bersama KH R Cholil As'ad, pengasuh Pondok Pesantren Walisongo, Mimbaan Situbondo, menggelar doa bersama sekaligus buka bersama di tepi Pantai Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi, Selasa (6/6/2017).

Acara tersebut juga diikuti oleh wisatawan yang sedang berlibur di Pantai Bangsring yang menjadi salah satu destinasi wisata terkenal di Banyuwangi.

"Berdoa dan shalawatan tidak harus di masjid atau tempat-tempat tertentu saja, tapi juga bisa dilakukan dengan santai di tepi panta. Semua bisa bergabung termasuk wisatawan juga," jelas Bupati Anas saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (6/6/2017).

Baca juga: Bupati Azwar: Auditor BPK ke Banyuwangi Bayar Hotel dan Makan Sendiri

Menurut Anas, beberapa wisatawan asing juga ikut bergabung untuk mengabadikan kegiatan tersebut. Shalawat yang dikemas secara sederhana pun juga bisa menjadi daya tarik wisatawan. Apalagi ada kesenian Islam juga yaitu musik hadrah," terangnya.

Doa bersama itu diawali dengan pembacaan shalawat dengan diiringi musik hadrah dan dilanjutkan dengan pembacaan Al Quran, shalawat nariyah, tahlil dipimpin langsung KH R Cholil As'ad.

Tidak hanya melantunkan shalawat, mereka juga menyuarakan kebinekaan dengan menyanyikan PBNU, yang akronim dari Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, dan Undang-undang Dasar 1945.

Baca juga: Tadarus dengan Al Quran Raksasa di Banyuwangi

Pengajian itu ditutup dengan shalat tarawih bersama dengan jemaah dan masarakat di sekitar Pantai Bangsring Banyuwangi.

Kompas TV Warisan: Islam, Pancasila, & Indonesia - ROSI bag 5
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com