Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bripka Ase, Polantas "Legendaris" di Cianjur yang Viral Karena Pengabdiannya

Kompas.com - 31/05/2017, 20:59 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bripka Ase Kusmana, anggota Lalulintas Polsek Pacet, di Cianjur, mendadak viral di media sosial Facebook. Netizen memuji pengabdiannya.

Polisi yang satu ini dianggap sejumlah netizen, khususnya yang biasa lewat di tempat Bripka Ase bertugas, berjasa membantu menangani masalah lalu lintas dan juga orang yang menyeberang.

Di antaranya pemilik akun facebook Yana Fakhrudin yang menganggap Bripka Ase berjasa mengatur masalah lalu lintas di Pos 55 Pasar Cipanas, Cianjur.

k cuma soal kerjanya menangani masalah lalu lintas, ternyata sejumlah netizen mengenal Bripka Ase sejak mereka kecil. Mereka pernah merasakan dibantu Bripka Ase menyeberang jalan.

Tak ayal karena lama di tempatkan di pos yang sama tersebut, netizen menjulukinya 'polisi legendaris'.

Ase juga dikenal suka membantu pengendara lalu lintas. Pemilik akun Firdaus Taufan mengucapkan terima kasih pernah dibantu bapak polisi ini.

"Hatur nuhun Bripka Ase, masih ada polisi Jujur di Cianjur. Pernah di bantuan dorong mobil mogok pas naik depan telkom. Kece pak!."

Baca juga: Bripka Ase Tak Menyangka Ia Dikenang Karena Bantuannya Menyeberangi Jalan

Dalam menegakan aturan lalu lintas, yang punya pengalaman berurusan dengan Bripka Ase, mengatakan, polisi ini mengedepankan berkomunikasi dengan pengendara yang melanggar lalu lintas, dibandingkan mengambil tindakan tilang. Baik itu mereka yang tidak memakai helm sampai yang lupa menyalakan lampu kendaraan.

"Jadi inget sama si bapak asep ni,wktu itu saya pke motor lewat ke pos 55 dan saya lupa tak menyalakan lampu,trus beliau menegur saya dengan sopannya.."maaf nyalakan lampunya(sambil senyum)"..Nhun pak ASEP,anda polisi pengayom masyarakat yg sebenarnya,kejujuranmu semoga menjadi ibadah n pahala ya pak..semoga polisi lain bisa terinspirasi dari beliau..#kamiygmenilai," ujar akun Yorigie Hardianto.

Secara umum netizen mengomentari hal positif tentang sosok polisi lalu lintas di wilayah Polres Cianjur tersebut. Bahkan, netizen berinisiatif 'patungan' untuk memberikan hadian lebaran bagi Bripka Ase, dengan membuat group facebook 'Hadiah Lebaran Untuk Pak Asep'.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com