Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Partai Nasdem Siap Kumpulkan KTP untuk Emil Jika Ingin Maju Independen

Kompas.com - 15/05/2017, 09:50 WIB
Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Partai Nasdem sebagai pengusung Wali Kota Bandung Ridwan Kamil tidak cukup memiliki keterwakilan kursi di DPRD Jawa Barat sebagai syarat pengajuan bakal calon gubernur pada Pilkada Jabar 2018 mendatang.

Berkoalisi dengan partai politik agar memenuhi syarat 20 kursi lebih menjadi salah satu opsi.  Opsi lainnya adalah mendorong Ridwan Kamil maju lewat jalur independen.

Baca juga: Partai Nasdem: Ridwan Kamil Kurang Tenar di Pantura

Dewan Perwakilaan Wilayah (DPW) Partai Nasdem pun mengaku tidak keberatan jika Emil--sapaan karib Ridwan Kamil-- memilih langkah tersebut. 

"Kalau Kang Emil pilih independen, Nasdem akan terus support," kata Ketua DPW Partai Nasdem Jawa Barat, Saan Mustopha, Senin (15/5/2017).

Syarat untuk maju sebagai calon independen dalam konstestasi Pilkada Jabar adalah mengumpulkan dukungan sebanya 6,5 persen dari jumlah DPT pemilu sebelumnya.

Jika pada Pilpres 2014 lalu di Jawa Barat terdata sekitar 33,4 juta pemilih, maka calon independen di Pilkada Jabar membutuhkan minimal dukungan sekitar 2.147.000.

Partai Nasdem secara tegas mengaku siap mengumpulkan 2,2 juta KTP jika memang ke depan Ridwan Kamil ingin maju sebagai calon independen.

"Kemungkinan-kemungkinan itu kita pikirkan juga. Kita akan bantu Kang Emil untuk mengumpulkan KTP," ucapnya.

Baca juga: Kunjungi Karawang, Ridwan Kamil Mengaku Ingin 'Belanja' Masalah, Bukan Jualan Janji

Di samping kemungkinan untuk maju melalui jalur independen, Partai Nasdem tetap memprioritaskan untuk berkoalisi dengan partai politik lain. 

"Sudah ada pendekatan dari partai lain seperti PPP, PKB, selain itu PDI-P juga sudah ada komunikasi dengan Kang Emil. (Lama) Kan, mereka harus mempertimbangkan banyak hal," tandasnya.

Kompas TV Kang Emil Minta Restu 150 Raja Maju ke Pilgub Jawa Barat
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com