Ridwan Kamil: Cuaca Ekstrem Seminggu ke Depan, Hati-hati di Jalan - Kompas.com

Ridwan Kamil: Cuaca Ekstrem Seminggu ke Depan, Hati-hati di Jalan

Kompas.com - 20/04/2017, 16:17 WIB
Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani Wali Kota Bandung Ridwan Kamil saat ditemui di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalemkaum, Rabu (5/4/2017)

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengimbau masyarakat untuk waspada saat terjadi cuaca ekstrem serta tidak memaksakan diri untuk melanjutkan perjalanan demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Saya imbau kepada masyarakat menepi dulu ke tempat yang aman jangan memaksakan diri karena rawan dengan pohon-pohon tumbang," kata pria yang kerap disapa Emil itu di Bandung, Kamis (20/4/2017).

Emil menuturkan, dari data yang diperoleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), cuaca ekstrem ini masih akan terjadi hingga seminggu ke depan.

"Jadi sekali lagi masyarakat untuk berhati-hati dalam berkendara (saat hujan)," kata dia.

(Baca juga: Butiran Es Tutupi Jalan, Warga Sukasari Bandung Geger)

Menurutnya, saat terjadi kejadian seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di lingkungan pemerintah Kota Bandung langsung terjun dan mengamankan pohon yang runtuh.

Selain itu, ke depan pihaknya akan mendesak pihak terkait terutama para pengusaha penyedia jasa iklan untuk membongkar papan reklame, jika diduga rawan roboh saat cuaca ekstrem kembali terjadi.

"Di peraturan sudah ditetapkan, mereka (pengusaha) akan suruh menyetor dana pembongkaran reklame, kalau reklame itu diduga berbahaya. Jika mereka tidak mau membongkar, dana dari mereka saya ambil untuk merobohkan reklame-reklame yang berbahaya," kata Emil.

(Baca juga: Hujan Es Landa Bandung, Besarnya dari Butiran hingga Sebesar Kelereng)

Sebelumnya, akibat hujan deras disertai angin kencang yang melanda kawasan Kota Bandung pada Rabu (19/4/2017), terjadi pohon tumbang dan dahan patah di 63 titik. Selain itu, dua papan iklan di dekat jembatan layang Antapani dan Jalan Gatot Subroto ikut roboh.

Bahkan di beberapa daerah seperti di Sarijadi, dan Sekeloa Kota Bandung terjadi hujan es.

(Baca juga: Hujan Angin dan Es Landa Bandung, Pohon Tumbang Melintang di Jalan Dago)

 

 

Kompas TV Hujan Angin Disertai Es Tumbangkan Pohon

EditorCaroline Damanik
SumberANTARA
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM